PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF ANAK SENIMAN REOG PONOROGO (Studi Multisitus Kepala Keluarga Di Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo)

EKO SAPUTRO, 12850521008 (2023) PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF ANAK SENIMAN REOG PONOROGO (Studi Multisitus Kepala Keluarga Di Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
TESIS BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
TESIS BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text
TESIS BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
TESIS BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
tesis BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
tesis BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pendidikan Keluarga Dalam Membentuk Karakter Kreatif Anak Seniman Reog Ponorogo (Studi Multisitus Kepala Keluarga di Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo)” ini ditulis oleh Eko Saputro dengan Pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Muawanah, M.Pd. dan Dr. Zaini Fasya, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Pendidikan Keluarga, Karakter Kreatif, Seniman, Reog Ponorogo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana karakter kreatif selalu diidentikan dengan profesi seniman. Pendidikan keluarga kepada anak merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Reog Ponorogo merupakan kesenian Indonesia yang sudah terkenal di dunia internasional. Penelitian ini membahas bagaimana pendidikan keluarga seniman Reog Ponorogo dalam membentuk karakter kretif anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pendidikan karakter yang terkandung dalam kesenian Reog Ponorogo?; (2) Bagaimana metode pendidikan keluarga pada anak seniman Reog Ponorogo di Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo?; (3) Bagaimana pembentukan karakter kreatif pada anak dalam keluarga seniman Reog Ponorogo di Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo?; dan (4) Bagaimana implikasi pendidikan karakter kreatif pada anak dalam keluarga seniman Reog Ponorogo di Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo?. Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap, dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pendidikan keluarga, yakni pendidikan keluarga dalam membentuk karakter kreatif anak khususnya dalam keluarga seniman Reog Ponorogo. Pendidikan keluarga seniman Reog Ponorogo dilakukan dengan berbagai metode. Pendidikan keluarga sangat berpengaruh dan memberikan implikasi yang nyata dalam membentuk karakter anak. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Kesenian Reog Ponorogo mengandung banyak pendidikan karakter yang menjadi landasan bagi masing-masing seniman untuk berkarya seni. Karakter kreatif merupakan karakter yang paling dominan dan tidak dapat dipisahkan dari seniman Reog Ponorogo. (2) Terdapat beberapa metode pendidikan keluarga pada anak seniman Reog Ponorogo di Desa Kalimalang, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo, Yakni metode kisah, metode pembiasaan, metode pembinaan, metode keteladanan, metode dialog, metode hadiah dan hukuman, serta metode internalisasi. (3) Faktor internal (keturunan) dan faktor eksternal (lingkungan dan pendidikan) saling berpengaruh dan bersinergi terhadap pembentukan karakter kreatif anak dalam keluarga seniman Reog Ponorogo. (4) Implikasi yang timbul dari pendidikan keluarga seniman Reog Ponorogo dalam membentuk karekter kreatif adalah anak memiliki banyak ide dan wawasan, lebih mandiri, tidak mudah putus asa, menjadi pemberani dan percaya diri, mampu memimpin, bijaksana, dapat meciptakan baru, inovasi Reog, dan anak dapat menjadi genarasi penerus yang dapat diandalkan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521008 EKO SAPUTRO
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:12
Last Modified: 21 Nov 2023 08:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42091

Actions (login required)

View Item View Item