PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG

NINA SETIANI, 12204193179 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa pada Penyelesaian Soal Cerita Materi Statistika Kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Nina Setiani, NIM. 12204193179, Pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam mempelajari matematika siswa cenderung menghafal rumus yang diberikan guru. Hal tersebut menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa tidak berkembang secara optimal. Selain itu, proses pembelajaran yang berpusat pada guru seperti guru lebih banyak mengajar sebatas menjawab soal-soal juga dianggap sebagai salah satu penyebab rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Oleh sebab itu, diperlukan penggunaan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah satu diantara model-model pembelajaran yang mengikutsertakan keaktifan siswa dalam mengeksplorasi, mendalami, dan menemukan sendiri pengetahuan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis pada penyelesaian soal cerita materi statistika, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif pada penyelesaian soal cerita materi statistika, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada penyelesaian soal cerita materi statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian True Eksperiment Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung sebanyak 338 siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen sebanyak 33 siswa dan kelas VIII-H sebagai kelas kontrol sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji t-test dan uji Manova. Hasil penelitian ini: (1) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis pada penyelesaian soal cerita materi statistika dengan t_hitung≥t_tabel yaitu 3,349 ≥1,995. Nilai Cohen’s d effect size = 0,813665 dengan kategori peningkatan besar untuk kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan inkuiri terbimbing. (2) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif pada penyelesaian soal cerita materi statistika dengan t_hitung≥t_tabel yaitu 2,654 ≥1,995. Nilai Cohen’s d effect size = 0,64495 dengan kategori peningkatan sedang untuk kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan inkuiri terbimbing. (3) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada penyelesaian soal cerita materi statistika dengan nilai Wilks’ Lambda 0,001 < 0,05. Nilai Cohen’s d effect size = 0,709775 dengan kategori peningkatan sedang untuk kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang diajarkan dengan inkuiri terbimbing.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193179 NINA SETIANI
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:44
Last Modified: 23 Nov 2023 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42125

Actions (login required)

View Item View Item