ELI NAILATUL MUBTADI'AH, 128512203013 (2023) KARAKTERISTIK KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN EFIKASI DIRI. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (676kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (318kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Karakteristik Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Efikasi Diri” ini ditulis oleh Eli Nailatul Mubtadi’ah NIM 128512203013 dengan pembimbing pertama Dr. Muniri M.Pd dan pembimbing kedua Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes. Ph. D Kata Kunci : Metakognisi, Efikasi diri, Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi akademik menjadi perhatian utama pendidik selama bertahun-tahun. Banyak faktor yang diketahui mempengaruhi prestasi seseorang, diantaranya metakognisi dan efikasi diri. Metakognisi mengarahkan siswa pada bagaimana meningkatkan kesadaran berfikir dalam proses pembelajaran sehingga dapat merencanakan, memantau dan mengevaluasi apa yang dipelajari. Selain itu perlu adanya efikasi diri dalam membentuk keyakinan siswa bahwa ia dapat melakukan tugas tertentu dan menghadapi tantangan yang ada untuk mencapai tujuan tertentu dengan yakin dan percaya diri akan kemampuan yang dimilikinya. Jika keduanya saling mendukung maka siswa dengan yakin mereka akan mampu memecahkan masalah matematika sehingga mampu menunjang hasil belajar dan prestasinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan karakteristik kemampuan metakognisi siswa berefikasi diri tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika, (2) Untuk mendiskripsikan karakteristik kemampuan metakognisi siswa berefikasi diri sedang dalam menyelesaikan masalah matematika, (3) Untuk mendiskripsikan karakteristik kemampuan metakognisi siswa berefikasi diri rendah dalam menyelesaikan masalah matematika, (4) Untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya hubungan efikasi diri terhadap kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian gabungan (Mix Method) model Eksploratory Design yaitu tahap I dengan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus dan tahap II dengan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Matode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner efikasi diri, tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian sebanyak 16 siswa kelas VIII-B MTs Al-Hidayah Ngancar Kediri. Analisis data yang digunakan tahap I yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada tahap II yaitu dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa: (1) Karakteristik kemampuan metakognisi siswa berefikasi diri tinggi tergolong dalam kelompok reflektif use (penggunaan pemikiran yang bersifat reflektif). (2) Karakteristik kemampuan metakognisi siswa berefikasi diri sedang tergolong dalam kelompok strategic use (penggunaan pemikiran yang strategis) dan aware use (penggunaan pemikiran dan kesadaran). (3) Karakteristik kemampuan metakognisi siswa berefikasi diri rendah tergolong dalam kelompok tacid use (penggunaan pemikiran tanpa kesadaran). (4) Efikasi diri memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap metakognisi dalam memecahkan masalah matematika sebesar 27,4%
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 128512203013 ELI NAILATUL MUBTADI'AH |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:28 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42126 |
Actions (login required)
View Item |