LUTHFIAH FIRDHA MAHARDIKA, 12212193121 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) DENGAN BERBANTUAN LKPD PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA DI MAN 1 JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (366kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) Dengan Berbantuan LKPD Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI MIPA di MAN 1 Jombang” ini ditulis oleh Luthfiah Firdha Mahardika, NIM. 12212193121, Program Studi Tadris Kimia (TKIM), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran ECIRR, Berbantuan LKPD, Pemahaman Konsep. Penelitian ini dilaksanakan dengan peserta didik masih memiliki tingkat pemahaman konsep yang rendah. Rendahnya pemahaman konsep peserta didik disebabkan karena adanya masalah dalam diri peserta didik ataupun lingkungan sekitar. Pada era saat ini diharapkan peserta didik dapat menjadi pusat pembelajaran (student center). Model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) terutama dalam pemecahan masalahnya (Resolve) diharapkan dapat membantu peserta didik dalam belajar dan meningkatkan pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) pada materi larutan penyangga di MAN 1 Jombang. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) dengan berbantuan LKPD terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi larutan penyangga di MAN 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan metode quasi-experimental dengan desain non-equivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di MAN 1 Jombang sejumlah 167. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol berjumlah 30. Penelitian menggunakan uji statistik inferensial. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket respon dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis uji-t (independent sample t-Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peserta didik memberi respon positif terhadap penerapan model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) dalam pembelajaran materi larutan penyangga. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata persentase angket respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) sebesar 75,7% dalam kategori tertarik. (2) Ada pengaruh model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) dengan berbantuan LKPD dalam terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi larutan penyangga di MAN 1 Jombang. Hal ini menunjukkan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 Berdasarkan nilai thitung > ttabel diperoleh 5,282 > 1,998 hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193121 LUTHFIAH FIRDHA MAHARDIKA |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 08:21 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 08:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42130 |
Actions (login required)
View Item |