VIKA SANIA NURSABILA, 12204193051 (2023) SCAFFOLDING PADA MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY MATERI MATRIKS SISWA KELAS XI MA SUNAN KALIJOGO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (712kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Scaffolding pada Model Pembelajaran Guided Inquiry Materi Matriks Siswa Kelas XI MA Sunan Kalijogo Kediri” ditulis oleh Vika Sania Nursabila, NIM. 12204193051, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Scaffolding, Model Pembelajaran Guided Inquiry, Matriks Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya pelaksanaan pembelajaran dengan model guided inquiry. Siswa mengalami berbagai kendala dan kesalahan ketika mereka mencoba menentukan jawaban. Siswa kesulitan menemukan jawaban dengan tahapan guided inquiry yang kompleks. Untuk mengatasinya peneliti menerapkan scaffolding. Scaffolding dinilai dapat membantu menangani hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses scaffolding pada model pembelajaran guided inquiry materi matriks siswa kelas XI MA Sunan Kalijogo Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di MA Sunan Kalijogo dan diikuti oleh kelas XI IPA 1 yang berjumlah 25 siswa kemudian dipilih 3 subjek penelitian untuk diwawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, wawancara disertai scaffolding dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan scaffolding pada masing – masing tahapan guided inquiry meliputi: explaining dan reviewing pada tahap merumuskan masalah ; explaining, reviewing, dan restructuring pada tahap merumuskan hipotesis ; explaining dan reviewing pada tahap mengumpulkan data ; explaining, reviewing, restructuring, dan developing conceptual thinking pada tahap menguji hipotesis ; explaining reviewing, dan restructuring, dan developing conceptual thinking pada tahap membuat kesimpulan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Matematika > Pola Bilangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193051 VIKA SANIA NURSABILA |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 08:37 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 08:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42174 |
Actions (login required)
View Item |