PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU KELAS X DI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK

NURIL DEWI PURWATI, 12204193174 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU KELAS X DI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (992kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (538kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis yang mengakibatkan siswa kesulitan dalam memecahkan masalah matematis. Kemampuan berpikir reflektif merupakan proses kesanggupan berpikir siswa dalam menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan baru untuk menyelesaikan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipakai untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif yaitu model pembelajaran guided discovery. Model pembelajaran guided discovery merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga siswa ditekankan lebih aktif dan mandiri dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk, 1) engetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku kelas X di MA Syekh Subakir Nglegok dan 2) nengetahui besar pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku kelas X di MA Syekh Subakir Nglegok. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA Syekh Subakir Nglegok sejumlah 106 siswa. Sampel yang di ambil adalah kelas X-B sejumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimenl dan kelas X-C sejumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis dengan uji-t dan perhitungan effect size (uji cohen’s). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi perbandingan trigonometri segitiga siku-siku kelas x di MA Syekh Subakir Nglegok dan 2) Besar pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi perbandingan trigonometri segitiga siku-siku kelas X di MA Syekh Subakir Nglegok adalah 69% dengan kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: nuril 12204193174 dewi
Date Deposited: 03 Jan 2024 08:09
Last Modified: 03 Jan 2024 08:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42179

Actions (login required)

View Item View Item