PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 8 JOMBANG

ALIFFIA RINA WATI, 12209193036 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 8 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (708kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Di MAN 8 Jombang”. Ditulis oleh Aliffia Rina Wati, NIM. 12209193036, Program studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Tulungagung dan dibimbing oleh Bapak Drs. H. Jani, M.M. M.Pd. Kata Kunci: Penerapan, Model Pembelajaran Quiz Team, Hasil Belajar, Geografi Penelitian ini di latar belakangi oleh kecenderungan siswa dalam memperhatikan guru pada saat menerangkan materi, rendahnya keaktifan siswa dalam menjelaskan ulang materi yang telah disampaikan oleh guru hal itu disebabkan karena rendahnya hasil belajar pada siswa, maka hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh dari ranah kognitif, ranah psikomotorik, ranah afektif siswa. Oleh karena itu dengan menerapkan model pembelajaran quiz team diharapkan siswa dapat menumbuhkan hasil belajar yang maksimal. Adapun fokus penelitian yaitu: (1) Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan menggunakan model quiz team untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MAN 8 Jombang?, (2) Apa faktor pedukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan menggunakan model quiz team untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MAN 8 Jombang?, (3) Bagaimana dampak pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan menggunakan model quiz team untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 8 Jombang?, Adapun tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan menggunakan model Quiz Team untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 8 Jombang, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan menggunakan model Quiz Team untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MAN 8 Jombang, (3) Untuk mengetahui bagaimana dampak pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan menggunakan model quiz team untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MAN 8 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif disajikan berupa kata-kata yang ditemukan dari hasil pengamatan yang kemudian di analisis, ditafsirkan, dan diambil sebuah kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS 3 MAN 8 Jombang dan warga sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pengamatan. Hasil penelitian diambil dari kesimpulan yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quiz team dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang nantinya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang lebih maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193036 ALIFFIA RINA WATI
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:17
Last Modified: 28 Nov 2023 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42203

Actions (login required)

View Item View Item