SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DALAM MEMBANGUN DAYA SAING KAMPUS DAKWAH DAN PERADABAN ( Study Exploratory Sequential Mixed Method di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

HANIM AFIFUDIN, 12850121017 (2023) SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DALAM MEMBANGUN DAYA SAING KAMPUS DAKWAH DAN PERADABAN ( Study Exploratory Sequential Mixed Method di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan Judul Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Membangun Daya Saing Kampus Dakwah dan Peradaban (Study Exploratory SequentialMixed Method di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung) ini ditulis oleh Hanim Afifudin dengan pembimbing Prof. Dr. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd. dan Dr. Imam Junaris, S.Ag. M.H.I Kata Kunci: Sistem Penjaminan Mutu Internal, Daya Saing, Kampus Dakwah dan Peradaban Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kompetisi perguruan tinggi dalam memenuhi standar mutu internal sebagai daya saing yaitu kemampuan perguruan tinggi dalam memenuhi peluang dan layanan yang sama dengan perguruan tinggi lainnya, tidak sampai kalah atas keunggulan kompetitornya, sekaligus mendapatkan feed back dan manfaat yang relevan. Misalnya pada level nasional, perguruan tinggi dapat memperhatikan secara seksama kecenderungan masyarakat dalam menaruh minat hingga menentukan perguruan tinggi pilihannya, khususnya bagi calon mahasiswa baru untuk mengambil keputusan sesuai minat atau pilihan Program Studi yang diinginkan. Termasuk kiprah bagi dosen muda, senior maupun guru besar sebagai pendidik dalam mengembangkan potensi keilmuannya untuk kepentingan masyarakat dan menghasilkan daya saing kampus dakwah dan peradaban. Fokus dan Pertanyaan Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kebijakan sistem penjaminan mutu internal dalam membangun daya saing kampus dakwah dan peradaban?; 2) Bagaimana standar sistem penjaminan mutu internal dalam membangun daya saing kampus dakwah dan peradaban?; 3) Bagaimana audit mutu internal dalam membangun daya saing kampus dakwah dan peradaban?; 4) Bagaimana tindak lanjut hasil audit mutu internal dalam membangun daya saing kampus dakwah dan peradaban?; 5) Apakah terdapat pengaruh antara layanan akademik dan administrasi terhadap layanan akademik dan kemahasiswaan?; 6) Apakah terdapat pengaruh antara layanan perpustakaan terhadap layanan akademik dan kemahasiswaan ?; 7) Apakah terdapat pengaruh antara layanan akademik dan administrasi terhadap kinerja dosen?; 8) Apakah terdapat pengaruh antara layanan akademik dan kemahasiswaan terhadap kinerja dosen?; 9) Apakah terdapat pengaruh antara layanan perpustakaan terhadap kinerja dosen?; 10) Apakah terdapat pengaruh antara layanan akademik dan administrasi terhadap daya saing?; 11) Apakah terdapat pengaruh antara layanan akademik dan kemahasiswaan terhadap daya saing? 12) Apakah terdapat pengaruh antara layanan perpustakaan terhadap daya saing?; 13) Apakah terdapat pengaruh antara kinerja dosen terhadap daya saing?; 14) Apakah terdapat pengaruh secara tidak langsung antara layanan akademik dan administrasi terhadap daya saing melalui layanan akademik dan kemahasiswaan?; 15) Apakah terdapat pengaruh secara tidak langsung antara layanan akademik dan kemahasiswaan terhadap daya saing melalui layanan perpustakaan?; 16) Apakah terdapat pengaruh secara tidak langsung antara layanan perpustakaan terhadap daya saing melalui kinerja dosen? Tujuan Penelitian: 1) Untuk Mengetahui kebijakan sistem penjaminan mutu internal dalam membangun daya saing kampus dakwah dan peradaban; 2) Untuk Mengetahui sistem penjaminan mutu internal dalam membangun daya saing kampus dakwah dan peradaban; 3) Untuk Mengetahui audit mutu internal dalam membangun daya saing kampus dakwah dan peradaban; 4) Untuk Mengetahui tindak lanjut hasil audit mutu internal dalam membangun daya saing kampus dakwah dan peradaban; 5) Untuk Mengetahui pengaruh antara layanan akademik dan administrasi terhadap layanan akademik dan kemahasiswaan; 6) Untuk Mengetahui pengaruh antara layanan perpustakaan terhadap layanan akademik dan kemahasiswaan; 7) Untuk Mengetahui pengaruh antara layanan akademik dan administrasi terhadap kinerja dosen; 8) Untuk Mengetahui pengaruh antara layanan akademik dan kemahasiswaan terhadap kinerja dosen; 9) Untuk Mengetahui pengaruh antara layanan perpustakaan terhadap kinerja dosen; 10) Untuk Mengetahui pengaruh antara layanan akademik dan administrasi terhadap daya saing; 11) Untuk Mengetahui pengaruh antara layanan akademik dan kemahasiswaan terhadap daya saing; 12) Untuk Mengetahui pengaruh antara layanan perpustakaan terhadap daya saing; 13) Untuk Mengetahui pengaruh antara kinerja dosen terhadap daya saing; 14) Untuk Mengetahui pengaruh secara tidak langsung antara layanan akademik dan administrasi terhadap daya saing melalui layanan akademik dan kemahasiswaan; 15) Untuk Mengetahui pengaruh secara tidak langsung antara layanan akademik dan kemahasiswaan terhadapdaya saing melalui layanan perpustakaan; 16) Untuk Mengetahui pengaruh secara tidak langsung antara layanan perpustakaan terhadap daya saing melalui kinerja dosen Penelitian ini menggunakan metode campuran (study exploratoy sequential mixed method) dengan pendekatan kualitatif dan kauntitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi kepada pengelola mutu perguruan tinggi serta publish angket dengan populasi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung berjumlah 21.553. Peneliti mengambil sampel berjumlah 392 mahasiswa. Variabel bebas yaitu layanan akademik dan administrasi; layanan akademik dan kemahasiswaan; layanan perpustakaan; kinerja dosen. Variabel terikat yaitu daya saing. Teknik analisis data yaitu uji variabel reliabilitas, normalitas, linearitas, dan analisis jalur dengan bantuan SPSS For 26.0 Windows Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: 1) Kebijakan sistem penjaminan mutu internal dalam membangun daya saing kampus dakwah dan peradaban dilaksanakan dengan substansi sebagai berikut: Menentukan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal yang disesuaikan dengan standar mutu pendidikan tinggi; Perguruan tinggi memiliki sumber daya yang memadai; Pengelola perguruan tinggi mempunyaimotivasi tinggi untuk meningkatkan prestasi mahasiswa; Perguruan tinggi memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan pendidikan; Perguruan tinggi mempunyai kepemimpinan yang kuat dalam pengelolaan sumberdaya dan layanan mutu; Perguruan tinggi memiliki sistem manajemen tenaga kependidikan yang kredibel; Perguruan Tinggi mempunyai budaya Islami yang kondusif bagi pelanggan pendidikan; Perguruan tinggi mempunyai kualitas yang membanggakan seiring peningkatan jumlah mahasiswa; Perguruan tinggi melakukan inovasi- inovasi pendidikan yang berkemajuan; Perguruan tinggi mampu mencapai target sesuai dengan perencanaan.; 2) Standar Mutu pada Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung terdiri dari lima standar, yaitu Standar Mutu Pendidikan, Standar Mutu Penelitian, Standar Mutu Pengabdian kepada Masyarakat, Standar Kerjasama dan Standar Tata Kelola dan Pengembangan Lembaga. Dalam pelaksanaannya standar mutu diturunkan dalam sasaran mutu. Sasaran mutu mengacu pada 9 kriteria akreditasi yang terdiri dari: Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi; Tata Pamong dan Tata kelola; Mahasiswa; Sumberdaya Manusia; Keuangan dan Sarana Prasaran; Pendidikan; Penelitian; Pengabdian kepada Masyarakat; Luaran dan Capaian Tridharma. Hal diatas menjadi penentu dalam membangun daya saing yang unggul kampus dakwah dan peradaban. ; 3) Audit Mutu Internal dalam Membangun Daya Saing Kampus Dakwah dan Peradaban dilaksanakan dengan mengoptimalkan tiga konsep dalam pencapaian visi dan misi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung serta terbangun daya saing kampus dakwah dan peradaban yaitu perencanaan audit mutu internal, pelaksanaan audit mutu internal, dan laporan tindak lanjt audit mutu internal. Ketiga hal tersebut dilaksanakan dengan continue yang disesuaikan dengan pedoman audit mutu internal kampus dakwah dan peradaban.; 4) Tindak Lanjut Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Membangun Daya Saing Kampus Dakwah dan Peradaban Beberapa tindakan tesebut sesuai konsepnya yaitu Tindakan koreksi merupakan tindakan untuk menghilangkan penyebab dari kurang sesuainya yang dikenali atau situasi lain yang tidak dikehendaki; Tindakan pencegahan yaitu tindakan yang menghilangkan kemungkinan penyebab ketidaksesuaian atau kemungkinan situasi yang tidak dikehendaki; Verifikasi yaitu tindakan memastikan, melalui ketetapan tentang bukti objektif bahwa persyaratan yang ditentukan telah terpenuhi. 5) Terdapat pengaruh signifikan antara layanan akademik dan administrasi terhadap layanan akademik dan kemahasiswaan. Hal ini menunjukkan bahwa pada coefisien diperoleh nilai t tabel 1,958 dan nilai probabilitas 0,05, maka diperoleh t hitung 21,568 > 1,958 dan signifikan 0,000 > 0,05. Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Besar kontribusinya pengaruhnya adalah 47,1%. Artinya semakin baik layanan akademik dan administrasi maka semakin baik pula layanan akademik dan kemahasiswaan; 6) Terdapat pengaruh signifikan antara layanan perpustakaan terhadap layanan akademik dan kemahasiswaan. Hal ini menunjukkan bahwa pada coefisien diperoleh nilai t tabel 1,958 dan nilai probabilitas 0,05, maka diperoleh t hitung 8,162 > 1,958 dan signifikan 0,000 > 0,05. Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 6,7%. Artinya semakin baik layanan perpustakaan maka semakin baik pula layanan akademik dan kemahasiswaan; 7) Terdapat pengaruh signifikan antara layanan akademik dan administrasi terhadap kinerja dosen. Hal ini menunjukkan bahwa pada coefisien diperoleh nilai t tabel 1,958 dan nilai probabilitas 0,05, maka diperoleh t hitung 2,376 > 1,958 dan signifikan 0,000 > 0,05. Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Haditerima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 1,2%. Artinya semakin baik layanan administrasi akademik dan administrasi maka semakin baik pula kinerja dosen; 8) Terdapat pengaruh signifikan antara layanan akademik dan kemahasiswaan terhadap kinerja dosen. Hal ini menunjukkan bahwa pada coefisien diperoleh nilai t tabel 1,958 dan nilai probabilitas 0,05, maka diperoleh t hitung 11,465 > 1,958 dan signifikan 0,000 > 0,05. Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 33,4%. Artinya semakin baik layanan akademik dan kemahasiswaan maka semakin baik pula kinerja dosen; 9) Terdapat pengaruh signifikan antara layanan perpustakaan terhadap kinerja dosen. Hal ini menunjukkan bahwa pada coefisien diperoleh nilai t tabel 1,958 dan nilai probabilitas 0,05, maka diperoleh t hitung 7,607 > 1,958 dan signifikan 0,000 > 0,05. Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 6,7%. Artinya semakin baik layanan perpustakaan maka semakin baik pula kinerja dosen; 10) Terdapat pengaruh signifikan antara layanan akademik dan administrasi terhadap daya saing. Hal ini menunjukkan bahwa pada coefisien diperoleh nilai t tabel 1,958 dan nilai probabilitas 0,05, maka diperoleh t hitung 3,101 > 1,958 dan signifikan 0,000 > 0,05. Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 3,9%. Artinya semakin baik layanan akademik dan administrasi maka semakin baik pula daya saing perguruan tinggi; 11) Terdapat pengaruh signifikan antara layanan akademik dan kemahasiswaan terhadap daya saing. Hal ini menunjukkan bahwa pada coefisien diperoleh nilai t tabel 1,958 dan nilai probabilitas 0,05, maka diperoleh t hitung 7,533 > 1,958 dan signifikan 0,000 > 0,05. Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 25%. Artinya semakin baik layanan akademik dan kemahasiswaan semakin baik pula daya saing perguruan tinggi; 12) Terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara layanan perpustakaan terhadap daya saing. Hal ini menunjukkan bahwa pada coefisien diperoleh nilai t tabel 1,958 dan nilai probabilitas 0,05, maka diperoleh t hitung 2,945 > 1,958 dan signifikan 0,000 > 0,05. Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 2,9%. Artinya semakin baik layanan perpustakaan semakin baik pula daya saing perguruan tinggi; 13) Terdapat pengaruh signifikan antara kinerja dosen terhadap daya saing. Hal ini menunjukkan bahwa pada coefisien diperoleh nilai t tabel 1,958 dan nilai probabilitas 0,05, maka diperoleh t hitung 2,229 > 1,958 dan signifikan 0,000 > 0,05. Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 4,4%. Artinya semakin baik kinerja dosen maka semakin baik pula daya saing perguruan tinggi; 14) Terdapat hubungan tidak langsung antara layanan akademik dan administrasi terhadap daya saing melalui layanan akademik dan kemahasiswaan dihitung secara manual dengan mengalikan X2X1 x PYX1 = 0,687 x 0.199 = 0.136. Nilai 0,136 ˃ 0,05 Sehingga nilai ini menunjukkan lebih besar dari pada taraf signifikan 0.05 dan Ha diterima; 15) Terdapat hubungan tidak langsung antara layanan akademik dan kemahasiswaan terhadap daya saing melalui layanan perpustakaan dihitung secara manual dengan mengalikan X3X2 x PYX2 = 0,259 x 0,500 = 0.129. Nilai 0,129 ˃ 0,05. Sehingga nilai ini menunjukkan lebih besar dari pada taraf signifikan 0.05 dan Ha diterima; 16) Terdapat hubungan tidak langsung antara layanan perpustakaan terhadap daya saing melalui kinerja dosen dihitung secara manual dengan mengalikan X4X3 x PYX4 = 0,260 x 0,210 = 0.054. Nilai 0,054 ˃ 0,05. Sehingga nilai ini menunjukkan lebih besar dari pada taraf signifikan 0.05 dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121017 HANIM AFIFUDIN
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:45
Last Modified: 29 Nov 2023 01:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42209

Actions (login required)

View Item View Item