STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MTs QOMARUL HIDAYAH TUGU TRENGGALEK

LIA SITI SHOLIKHAH, 12201193303 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MTs QOMARUL HIDAYAH TUGU TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi dan hasil belajar Peserta didik di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek” ditulis oleh Lia Siti Sholikhah, NIM. 12201193303, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahamatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo M.Pd. Kata Kunci: Strategi guru dan Meningkatkan motivasi, Hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dari strategi guru yang dilakukan oleh pendidik sebagai fasilitator agar tercapainya suatu sasaran tertentu dengan baik dan maksimal sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Motivasi segala sesuatu yang ditujukan untuk mendorong atau memberikan semangat kepada peserta didik yang melakukan kegiatan belajar. untuk menggerakkan atau menggugah seseorang agar secara sadar dan sengaja timbul keinginan dan kemampuannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil dan mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui persiapan guru memberikan motivasi belajar pada peserta didik di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek. (2) mengetahui pelaksanaan guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi hasil belajar pada peserta di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek. (3) mengetahui hasil guru akidah akhlak dalam mengajar pada peserta didik di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif . Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, diskusi dengan teman sejawat,dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Persiapan guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi hasil belajar pada peserta di MTs Qomarul Hidayah Tugu, Guru sebelum mengajar a.Mempersiapkan bahan ajar akidah akhlak yang diajarkan sesuai RPP.b. mempersiapkan alat peraga yang akan digunakan c.mempersiapkan pertanyaan dan arahan untuk merangsang peserta didik aktif belajar d.Mempelajari keadaan peserta didik. Proses perencanaan memerlukan pemikiran yang matang, sehingga akan berfungsi sebagai pedoman dalam mencapai tujuan pembelajaran mencapai tujuan pembelajaran di MTs Qomarul Hidayah (2) pelaksanaan guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi hasil belajar pada peserta di MTs Qomarul Hidayah Tugu , menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan nasehat, kegiatan inti yang berkaitan model pembelajaran seperti ceramah, tanya jawab, strategi pembelajaran diterapkan berbeda beda , media pembelajaran yang digunakan buku dan LKS dan kegiatan penutup yang berisikan guru untuk merangkum pembelajaran secara lisan dan tertulis dan memberikan respon baik kepada peserta didik secara langsung. (3) hasil guru akidah akhlak dalam mengajar pada peserta didik di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek,Hasil belajar peserta didik ini dipengaruhi oleh kamampuan peserta didik dan kualitas pengajaran tujuan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193303 LIA SITI SHOLIKHAH
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:39
Last Modified: 04 Dec 2023 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42259

Actions (login required)

View Item View Item