PENERAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 (Studi Kasus di MIN 1 Kediri)

NABILAH FARIDATUN RIZQINA PUTRI, 12205183131 (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 (Studi Kasus di MIN 1 Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (707kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (429kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 (Studi Kasus di MIN 1 Kediri)” ini ditullis oleh Nabilah Faridatun Rizqina Putri, NIM. 12205183131, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Adi Wijayanto, S. Or., S. Kom., M. Pd., AIFO. Kata kunci: Model Pembelajaran Tatap Muka, Hasil Belajar, Pasca Pandemi Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan pembelajaran daring yang menjadikan siswa kesulitan dalam memahami materi dari guru dan menjadikan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran yang akhiranya mempengaruhi perkembangan hasil belajar siswa dari berbagai aspek. Maka dari itu, pemerintah mulai menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas pasca pandemi yang dilakukan secara terbatas dengan melibatkan interaksi antara guru dan siswa secara tatap muka. Denganmenggunakan model pembelajaran ini hasil belajar yang dicapai siswa cukup mengalami perubahan. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana model pembelajaran tatap muka (ptm) terbatas untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 di MIN 1 Kediri? (2) Bagaimana kendala penerapan model pembelajaran tatap muka (ptm) terbatas untuk mengingkatkan hasil belajar siswa kelas 4 di MIN 1 Kediri? (3) Bagaimana dampak penerapan model pembelajaran tatap muka (ptm) terbatas terhadap hasil belajar hasil belajar siswa kelas 4 di MIN 1Kediri?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui model pembelajaran tatap muka (ptm) terbatas untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 di MIN 1 Kediri (2) Untuk mengetahui kendala penerapan model pembelajaran tatap muka (ptm) terbatas untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 di MIN 1 Kediri (3) Untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran tatap muka (ptm) terbatas terhadap hasil belajar siswa kelas 4 di MIN 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas IVA dan IVB, serta 2 orang siswa kelas IVB. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran tatap muka terbatas di MIN 1 Kediri melibatkan dua model lain yaitu, Blended Learning dan Flipped Classroom (2) kendala yang dialami dalam penerapan model pembelajaran ini adalah waktu yang terbatas, jaringan internet, kurangnya pengawasan guru terhadap siswa, serta sarana dan prasarana, serta minat belajar siswa yang berkurang (3) strategi meningkatkan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran tatap muka terbatas meningkatkan fungsi penggunaan e-learning, meningkatkan pengawasan guru terhadap siswa, melakukan pendekatan pada siswa yang kesulitan belajar serta memberikan motivasi kepada siswa, sedangkan hasil belajar siswa kelas 4 MIN 1 Kediri pada pembelajaran tatap muka terbatas pasca pandemi dari aspek kognitif cenderung menurun dan tidak sesuai dengan target guru, hasil belajar dari aspek afektifnya adalah siswa cenderung liar dan minim sopan santun terhadap orang yang lebih tua, sedangkan hasil belajar dari aspek psikomotorinya tidak terlalu berubah atau berpengaruh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > E-Learning
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Luring
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Putri Nabilah Faridatun Rizqina Putri
Date Deposited: 08 Dec 2023 04:42
Last Modified: 08 Dec 2023 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42263

Actions (login required)

View Item View Item