TINJAUAN TEORI KECERDASAN MAJEMUK GARDNER TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PADA ANAK KELOMPOK B4 DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG

ELI KRISNA WIJAYANTI, 12206193010 (2023) TINJAUAN TEORI KECERDASAN MAJEMUK GARDNER TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PADA ANAK KELOMPOK B4 DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Tinjauan Teori Kecerdasan Majemuk Gardner Terhadap Model Pembelajaran Sentra Pada Anak Kelompok B4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung” ditulis oleh Eli Krisna Wijayanti, NIM 12206193010, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci : Kecerdasan Majemuk Gardner, Model Pembelajaran Sentra Kecerdasan merupakan kemampuan tertinggi yang dimiliki oleh manusia. Pengembangan kecerdasan akan lebih baik jika dilakukan sedini mungkin sejak anak dilahirkan melalui pemberian stimulus pada kelima panca indranya. Kecerdasan yang harus dioptimalkan pada anak usia dini adalah kecerdasan majemuk, karena kecerdasan ini dapat bekerja sama untuk mewujudkan kegiatan sehari-hari. Guru harus mengembangkan desain kurikulum dengan strategi pendekatan model pembelajaran sentra untuk dapat menstimulasi berbagai kecerdasan anak secara optimal. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran sentra imtaq ditinjau dari teori kecerdasan majemuk Gardner pada anak kelompok b4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran sentra bermain peran ditinjau dari teori kecerdasan majemuk Gardner pada anak kelompok b4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (3) Bagaimana penerapan pembelajaran sentra persiapan ditinjau dari teori kecerdasan majemuk Gardner pada anak kelompok b4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (4) Bagaimana penerapan pembelajaran sentra seni ditinjau dari teori kecerdasan majemuk Gardner pada anak kelompok b4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (5) Bagaimana penerapan pembelajaran sentra alam ditinjau dari teori kecerdasan majemuk Gardner pada anak kelompok b4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (6) Bagaimana penerapan pembelajaran sentra balok ditinjau dari teori kecerdasan majemuk Gardner pada anak kelompok b4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data didapatkan melalui peneliti sebagai instrumen pertama dengan instrumen pendukung berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan yaitu tenaga pendidik atau guru yang mengajar di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Teknik analisis data penelitian melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan proses menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui uji kreadibilitas, uji keterahlian, uji ketergantungan, dan uji kepastian. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan pembelajaran sentra imtaq ditinjau dari teori kecerdasan majemuk Gardner pada anak kelompok b4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung adalah dengan megembangkan kecerdasan spiritual anak melalui kegiatan membaca surat, hadist, dan menulis hijaiyah. (2) Penerapan pembelajaran sentra bermain peran ditinjau dari teori kecerdasan majemuk Gardner pada anak kelompok b4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung adalah dengan mengembangkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal anak melalui kegiatan berkemah, membuat api, dan gambar profesi. (3) Penerapan pembelajaran sentra persiapan ditinjau dari teori kecerdasan majemuk Gardner pada anak kelompok b4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung adalah dengan mengembangkan kecerdasan linguistik anak melalui kegiatan bercerita dan melengkapi kata yang sesuai. (4) Penerapan pembelajaran sentra seni ditinjau dari teori kecerdasan majemuk Gardner pada anak kelompok b4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung adalah dengan mengembangkan kecerdasan visual spasial dan musikal anak melalui kegiatan melipat bentuk, mewarnai, dan menyanyi. (5) Penerapan pembelajaran sentra alam ditinjau dari teori kecerdasan majemuk Gardner pada anak kelompok b4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung adalah dengan mengembangkan kecerdasan naturalis anak melalui kegiatan mengamati balon. (6) Penerapan pembelajaran sentra balok ditinjau dari teori kecerdasan majemuk Gardner pada anak kelompok b4 di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung adalah dengan mengembangkan kecerdasan logis matematika anak melalui kegiatan menyusun puzzle, penjumlahan, dan menyusun balok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193010 ELI KRISNA WIJAYANTI
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:09
Last Modified: 06 Dec 2023 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42328

Actions (login required)

View Item View Item