تعلين ههارة الكالم بوسيلت أنشطت الوحاضرة لطالباث هعهذ دار الحكوت اإلسالهيت الحذيثت تولونج أجونج

WILDATUL AFIYAH, 12202193081 (2023) تعلين ههارة الكالم بوسيلت أنشطت الوحاضرة لطالباث هعهذ دار الحكوت اإلسالهيت الحذيثت تولونج أجونج. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (542kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembelajaran Maharah Kalam Melalui Kegiatan Muhadaroh Santriwati Pondok Modern Darul Hikmah” oleh Wildatul Afiyah, NIM : 12202193081, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN) Tulungagung, dibawah bimbingan dosen Dr. Muhammad Fathoni, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan maharah kalam yang ada di pondok modern darul hikmah, yang mana pembelajaran maharah kalam yang ada di pondok modern darul hikmah memiliki kualitas yang baik dimana pembelajaran maharah kalam dibantu dalam kegiatan muhadoroh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses apa saja yang dilakukan pondok modern darul hikmah untuk menciptakan santri yang pandai dalam berbicara bahasa arab. Pembelajaran maharah kalam selain melalui kegiatan muhadoroh, pondok modern darul hikmah juga memberikan mufrodat disetiap harinya dan juga melalui kegiatan muhadasah. Dengan begitu santri disetiap harinya tetap mendapatakan mufrodat baru dan diamalkan melalui kegiatan muhadoroh dan muhadasah, sehingga terciptanya santri yang mahir dalam berbahasa arab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembelajaran keterampilan berbicara melalui kegiatan muhadaroh dipondok modern darul hikmah. 2) Apakah faktor pendorong dan penghambat dalam kegiatan muhadaroh dipondok modern darul hikmah.3) Bagaimana Upaya yang dilakukan oleh pondok modern darul hikmah untuk mengatasi hambatan tersebut. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui langkah-langkah pengajaran keterampilan berbicara melalui kegiatan muhadaroh dipondok modern darul hikmah. 2)Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam kegiatan muhadaroh dipondok modern darul hikmah. 3) Untuk mengetahui Upaya yang dilakukan pondok modern darul hikmah untuk mengatasi hambatan tersebut Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara untuk memperoleh data mengenai langkah langkah pembelajaran maharah kalam,faktor penghambat dan pendukung muhadaroh dan bagaimana cara mengatasi hambatan tersebut. Dan metode dokumentasi untuk memperoleh data mengenai kegiatan peembelajaran maharah kalam serta paparan data penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan peneliti dilapangan adalah : 1) langkah-langkah pembelajaran maharah kalam melalui kegiatan muhadaroh sebagai berikut : a) santriwati membuat teks pidato selama 1 minggu lalu dikumpulkan kepada ketua muhadaroh. b) ketua mengoreksi teks pidato tersebut untuk dicek tentang bahasa dan isinya jika ada kesalahan akan dibenarkan setelah itu ketua meminta stempel kepada bagian bahasa untuk bukti pengecekan tersebut. c) teks pidato tersebut akan dibagikan kembali kepada anggotanya untuk dihafalkan selama 1 minggu untuk tampil. d) ketika santriwati akan tampil berpidato diwajibkan berlatih terlebih dahulu kepada ketua kelompok untuk mengetahui seberapa siap santri maju berpidato, dan untuk mengetahui apakah waktu berpidato sudah memenuhi waktu tampil yaitu sekitar 7 menit dalam penyampainnya. 2) faktor pendorong kegiatan muhadaroh sebagai berikut ; a) tempat. b) pengurus. c) santriwati. Faktor penghambat kegiatan muhadaroh sebagai berikut : a) Tidak menguasai isi pidato yang ditampilkan. b) Kurangnya disiplin waktu pada saat kegiatan muhadaroh. c) Tidak sungguh-sungguh. 3) cara pondok mengatasi hambatan tersebut sebagai berikut : a)sebagai pengurus selalu memantau dan sering memberi motivasi kepada seluruh santriwati. b) pengurus akan berkeliling ketika kegiatan muhadaroh berlangsung dan akan mengecek santriwati yang tidak mengikuti kegiatan tersebut. c) pengurus akan memberi peringatan kepada santriwati yang tidak mengikuti atau melanggar kegiatan muhadaroh. Kata Kunci : Maharah Kalam, Muhadoroh

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202193081 WILDATUL AFIYAH
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:25
Last Modified: 06 Dec 2023 08:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42338

Actions (login required)

View Item View Item