STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN INTERAKSI EDUKATIF SISWA DI MI AL-ISLAMIYYAH CAMPUREJO KECAMATAN SAMBIT KABUPATEN PONOROGO

SITI LAILATUL FAAIZAH, 12205183075 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN INTERAKSI EDUKATIF SISWA DI MI AL-ISLAMIYYAH CAMPUREJO KECAMATAN SAMBIT KABUPATEN PONOROGO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (926kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru dalam Membangun Kemampuan Interaksi Edukatif Siswa di MI Al-Islamiyyah Campurejo kecamatan Sambit kabupaten Ponorogo” ditulis oleh Siti Lailatu Faaizah, NIM 12205183075, Jurusab Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag.,M.Pd. NIP 197008171998032001. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru, Interaksi Edukatif Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran yang belum maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan proses pembelajaran saat ini masih ditemui permasalahan-permasalahan terutama dalam hal interaksi edukatif antara guru dengan siswa. Contohnya masih banyak siswa belum fokus memperhatikan guru, siswa yang belum memberikan respon terhadap pembelajaran, juga siswa yang belum maksimal dalam berinteraksi secara kelompok. Apabila permasalahan interaksi edukatif tersebut ditumbuhkan sejak dini, maka pelaksanaan pembelajaran akan maksimal dan siswa memiliki keterampilan interaksi yang baik. Dalam hal ini guru perlu memiliki strategi pembelajaran khusus dalam menumbuhkan kemampuan interaksi edukatif siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran guru dalam membangun kemampuan interaksi edukatif siswa dengan pola satu arah dikelas 6 di MI Al-Islamiyyah Campurejo kecamatan Sambit kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana strategi pembelajaran guru dalam membangun kemampuan interaksi edukatif siswa dengan pola dua arah dikelas 6 di MI Al-Islamiyyah Campurejo kecamatan Sambit kabupaten Ponorogo? (3) Bagaimana strategi pembelajaran guru dalam membangun kemampuan interaksi edukatif siswa dengan pola multi arah dikelas 6 di MI Al-Islamiyyah Campurejo kecamatan Sambit kabupaten Ponorogo? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, (2) Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrument utama dalam mengumpulkan data, (3) Tempat penelitian adalah MI Al-Islamiyyah Campurejo kecamatan Sambit kabupaten Ponorogo, (4) Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, (5) teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, (6) pengecekan keabsahan datapada penelitian ini adalah triangulasi, meningkatkan ketekunan, dan memperpanjang masa pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran guru dalam membangun kemampuan interaksi edukatif siswa di kelas 6, yaitu: guru merencanakan/menyususn RPP sesuai dengan ketentuan yang berlaku, guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai, guru memberikan motivasi kepada siswa agar siswa bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, guru menyampaikan materi pembelajaran secara detail dan jelas dengan menggunakan metode ceramah, dan guru memberikan penguatan materi kepada siswa dengan menjelaskan kembali inti materi yang telah dipelajari. 2) Strategi guru dalam membangun kemampuan interaksi edukatif siswa pola dua arah di kelas 6, yaitu: guru merencanakan/menyususn RPP sesuai dengan ketentuan yang berlaku, guru mengajak siswa untuk melakukan ice breaking dengan melakukan tepuk semangat secara bersama, guru menyampaikan materi pembelajaran dengan menerapkan metode tanya jawab kepada siswa, guru memberikan penguatan materi kepada siswa dengan mengajak siswa mengambil/menarik kesimpulan bersama. 3) Strategi guru dalam membangun kemampuan interaksi edukatif siswa pola multi arah di kelas 6 yaitu: guru merencanakan/menyususn RPP sesuai dengan ketentuan yang berlaku, guru menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan menerapkan metode diskusi, guru menggunakan media pembelajaran visual yaitu tulisan hadis yang disusun secara acak dan mengajak siswa untuk mengurutkan bersama, guru memberikan penguatan materi kepada siswa dengan bertanya jawab baik anatara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa, dan guru melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan presentasi hasil diskusi dan demonstrasi atau praktek hasil diskusi

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183075 SITI LAILATUL FAAIZAH
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:47
Last Modified: 07 Dec 2023 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42372

Actions (login required)

View Item View Item