STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Dream Coffee Jl. Mahakam No.93 Kota Blitar)

MUHAMMAD KHOIRURROZIQ, 12402183334 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Dream Coffee Jl. Mahakam No.93 Kota Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Penggembangan Usaha Dalam Meningkakan Loyalitas Konsumen PerspektifEkonomi Islam (Studi Kasus Warkop Dream Coffee Jl. Mahakam No.93 Kota Blitar)” ini ditulis oleh Muhammad Khoirurroziq NIM. 12402183334, Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag. M.H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya loyalitas konsumen. Loyalitas konsumenmerupakan komitmen konsumenbertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang. Strategi penggembangan usaha merupakan alat yang digunakan dalam meningkatkan loyalitas konsumen, karena didalamnya perusahaan melakukan tindakan pengembangan usaha dari berbagai aspek seperti produksi dan pengolahan, pemasaran, SDM, teknologi dan lain-lain. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha yang dilakukan warkop Dream Coffee. (2) Untuk mendeskripsikan strategi pengembangan usaha yang dilakukan warkop Dream Coffee. (3) Untuk menganalisis strategi pengembangan usaha yang dilakukan warkop Dream Coffee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case research). Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis datamelalui kondensasi data, penyajian data (data display), verifikasi/ penarikan kesimpulan, dan analisis SWOT. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi dan perpanjangan kehadiran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Faktor-faktor internal yang mempengaruhi pengembangan usaha Warkop Dream Coffee adalah sumber daya (SDM). Faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha adalah persaingan usaha. (2) Strategi pengembangan usaha yang dilakukan warkop Dream Coffee yaitu memanfaatkan teknologi,mengoptimalkan potensi dan sumber daya karyawan, melakukan diversifikasi produk untuk mempertahankan dan mengembangkan produk, dan memanfaatkan dukungan pemerintah.(3) Strategi pengembangan usaha yang dilakukan warkop Dream Coffeedalam meningkatkan loyalitas konsumen sesuai dengan perspektif Ekonomi Islam yaitu menjaga nilai-nilai kedisiplinan dan keharmonisan dalam bekerja. Strategi pengembangan usaha sesuai dengan prinsip ekonomi syariah yang menekankan kepada empat sifat, antaralain kesatuan (unity), keseimbangan (equilibrium), kebebasan (freewill), dan tanggung jawab (responsibility). pengembangan usaha sesuai dengan etika bisnis Islam tidak mengandung unsur maysir, gharar (ketidakjelasan), dan riba. Kata kunci:Strategi Penggembangan Usaha, Loyalitas Konsumen, Perspektif Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183334 MUHAMMAD KHOIRURROZIQ
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:35
Last Modified: 07 Dec 2023 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42381

Actions (login required)

View Item View Item