KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII-G DI SMPN 1 TANJUNGANOM NGANJUK

DWI AYU LESTARI, 12204193012 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII-G DI SMPN 1 TANJUNGANOM NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (525kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (757kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa pada Materi SPLDV Kelas VIII-G di SMPN 1 Tanjunganom Nganjuk” ditulis oleh Dwi Ayu Lestari, NIM. 12204193012, pembimbing Dr.Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar, SPLDV Hasil observasi yang dilakukan di SMPN 1 Tanjunganom didapatkan informasi bahwa belum pernah dilakukannya asesmen mengenai kemampuan berpikir kritis matematik siswa dan terdapat siswa yang masih kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Kemampuan dalam memecahkan masalah matematika erat dengan kemampuan berpikir kritis matematik siswa. Kemampuan berpikir kritis matematik juga erat kaitannya dengan kemandirian belajar siswa yang menjadi salah satu faktor afektifnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemandirian belajar tingkat tinggi pada materi SPLDV kelas VIII-G di SMPN 1 Tanjunganom, 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemandirian belajar tingkat sedang pada materi SPLDV kelas VIII-G di SMPN 1 Tanjunganom, 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemandirian belajar tingkat rendah pada materi SPLDV kelas VIII-G di SMPN 1 Tanjunganom Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini 6 siswa, diwakili 2 siswa dalam setiap tingkatan dengan kemandirian belajar tinggi, sedang, rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes kemampuan berpikir kritis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dapat dilihat dari keajekan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) siswa dengan kemandirian belajar tinggi dapat memenuhi indikator interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan pengaturan diri. (2) siswa dengan kemandirian belajar sedang memenuhi indikator 5 indikator. Namun, tidak memenuhi pada indikator eksplanasi. (3) siswa dengan kemandirian belajar rendah memenuhi indikator interpretasi, analisis, dan evaluasi. Namun, tidak memenuhi pada 3 indikator lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193012 DWI AYU LESTARI
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:08
Last Modified: 07 Dec 2023 08:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42409

Actions (login required)

View Item View Item