STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN SENTRA UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN MAJEMUK PADA ANAK KELOMPOK B DI RA KARTINI PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ALMA RESA TICHI BERLINA, 12206193124 (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN SENTRA UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN MAJEMUK PADA ANAK KELOMPOK B DI RA KARTINI PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)

Abstract

Berlina, Alma, Resa Tichi. 2023. Strategi Guru dalam Pembelajaran Sentra untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk pada Anak Kelompok B di RA Kartini Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Skripsi. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Sentra, Kecerdasan Menjemuk Kecerdasan majemuk merupakan kemampuan yang perlu distimulasikan pada anak usia dini agar menjadi bekal anak untuk terjun di masyarakat dan menghadapi masa yang akan datang. Akan tetapi, beberapa lembaga pendidikan anak usia dini tidak mengoptimalkan penstimulasian kecerdasan majemuk. Pembelajaran sentra bisa digunakan sebagai sarana untuk menstimulasi kecerdasan majemuk. RA Kartini Pakisrejo disinyalir nampaknya mampu menjangkau kondisi dimana kecerdasan majemuk disana berkembang cukup baik, sehingga ada keinginan peneliti untuk mempelajari dan mencari tahu mengenai pembelajaran sentra yang digunakan untuk menstimulasi kecerdasan majemuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran sentra untuk menstimulasi kecerdasan majemuk anak kelompok B di RA Kartini Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, (2) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran sentra untuk menstimulasi kecerdasan majemuk anak kelompok B di RA Kartini Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, (3) mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran sentra untuk menstimulasi kecerdasan majemuk anak kelompok B di RA Kartini Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data Kepala, Sekolah, Pendidik, peserta didik dan dokumen. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data dengan derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses perencanaan model pembelajaran sentra untuk menstimulasi kecerdasan majemuk anak kelompok B di RA Kartini Pakisrejo Rejotangan Tulungagung dilakukan dengan penentuan tema dalam satu tahun, pembuatan RPPM dan RPPH, (2) proses pelaksanaan model pembelajaran sentra untuk menstimulasi kecerdasan majemuk anak kelompok B di RA Kartini Pakisrejo Rejotangan Tulungagung menggunakan pendekatan saintifik, dan tercapainya suatu tujuan pembelajaran memerlukan peran guru yang berkompeten, (3) proses evaluasi model pembelajaran sentra untuk menstimulasi kecerdasan majemuk anak kelompok B di RA Kartini Pakisrejo Rejotangan Tulungagung dengan melakukan rapat bersama antara kepala sekolah dan ibu guru setiap satu minggu sekali. Dalam pembelajaran teknik penilaian yang digunakan di RA Kartini Pakisrejo adalah catatan hasil karya, catatan anekdot, dan skala capaian perkembangan (rating scale). Metode atau alat penilaian yang digunakan yaitu dengan metode observasi, percakapan, penugasan, unjuk kerja, hasil karya, portofolio.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193124 Alma Resa Tichi Berlina
Date Deposited: 08 Dec 2023 04:02
Last Modified: 08 Dec 2023 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42415

Actions (login required)

View Item View Item