STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTS MA'ARIF NU KOTA BLITAR

DEVI QURRO'ATUS SYIFAK, 12201193260 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTS MA'ARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (703kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAKSkripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di MTs Ma’arif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Devi Qurro’atus Syifak, NIM. 12201193260, pembimbing Dr. St. Noer Farida Laila, MA, NIP. 197201151999032002.Kata Kunci: Strategi Guru, Kedisiplinan, Peserta DidikPenelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya peserta didik yang kurang disiplin. MTs Ma’arif NU Kota Blitar merupakan lembaga yang berada dalam lingkup pondok pesantren. Pondok pesantren terkenal sebagai lembaga keagamaan sebagai pelopor pendidikan karakter di Indonesia. Pondok pesantren merupakan lembaga yang konsen dalam pengembangan karakter, karena karaktermerupakan variabel terpenting dalam pola pendidikan yang dikembangkan oleh pesantren. Namun demikian, dalam lembaga ini masih menunjukkan bahwa kurang optimalnya kedisiplinan peserta didik. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kondisi yang diciptakan oleh lembaga dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTs Ma’arif NU Kota Blitar (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik berbasis kelas di MTs Ma’arif NU Kota Blitar (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik berbasis budaya sekolah di MTs Ma’arif NU Kota Blitar.Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasipartisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang dilakukan oleh peneliti melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui multisumber bukti, membangun rangkaian bukti, meminta informasi kunci untuk meninjau ulang hasil laporan studi kasusnya, serta menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi yang diciptakan oleh lembaga dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik mencakup tata kelola lembaga yang meliputi keseluruhan program kedisiplinan beserta strukturnya, dan daya dukungnya yang meliputi sarana dan prasarana, pembiayaan, pelaksana dan pemangku kepentingan, serta pengembangan Sumber Daya Manusia (2) Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik berbasis kelas dilakukan dengan cara diintegrasikan dalam kurikulum yang dikembangkan melauiproses pembelajaran, dan dengan cara melakukan manajemen kelas berupa pembentukan struktur kelas yang akan membantu kondusifitas kegiatan pembelajaran (3) Strategi guru akidah akhlak dalam peningkatan kedisiplinan peserta didik berbasis budaya sekolah dilakukan dengan cara keteladanan yang diberikan oleh gurunya serta pengembangan kedisiplinan melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193260 DEVI QURRO'ATUS SYIFAK
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:14
Last Modified: 08 Dec 2023 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42420

Actions (login required)

View Item View Item