M. HAFIDZ ASFIHANI, 12212193083 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN EDPUZZLE PADA MATERI PERKEMBANGAN MODEL ATOM. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Edpuzzle pada materi perkembangan model atom” ditulis oleh M. Hafidz Asfihani, NIM. 12212193083, Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, yang dibimbing oleh Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci : Video Pembelajaran Interaktif, Edpuzzle. Perkembangan Model Atom Media pembelajaran yang sekarang digunakan kebanyakan masih bersifat tradisional. Sehingga, media yang digunakan masih belum bisa menjelaskan konsep yang bersifat abstrak. Padahal pada mata pelajaran kimia terdapat banyak sekali konsep yang bersifat abstrak. Salah satunya pada materi perkembangan model atom. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menciptakan inovasi pada media pembelajaran. Salah satu inovasi yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan media berupa video pembelajaran interaktif berbantuan edpuzzle pada materi perkembangan model atom. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran, (2) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran, dan (3) Mendeskripsikan respon peserta didik media. Media yang pembelajaran dikembangkan adalah video pembelajaran interaktif berbantuan edpuzzle pada materi perkembangan model atom. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tahap define (pendefinisian), deisgn (perancangan) dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini meliputi wawancara dan angket yang digunakan untuk merancang produk yang dikembangkan dan menjawab rumusan masalah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis dengan dua jenis yang dikumpulkan untuk media yang akan dikembangkan yaitu data kualitatif yang berisi deskripsi dan narasi sedangkan data kuantitatif untuk mengetahui nilai atau skor kevalidan dari produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran interaktif berbantuan edpuzzle pada materi perkembangan model atom. (2) Media yang dikembangkan mendapat persentase sebesar 92,6% dan masuk kedalam kategori valid (layak untuk digunakan). (3) Hasil respon peserta didik sebesar 84,0% termasuk dalam kategori valid (layak untuk digunakan). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193083 M. HAFIDZ ASFIHANI |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 03:19 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42455 |
Actions (login required)
View Item |