RETNO ARIYANI, 12204193003 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN INTUITIF PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DISC. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (463kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (994kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika tentu tidak lepas dari memecahkan masalah matematika khususnya materi aljabar. Ketika memecahkan masalah aljabar, selalu hanya menggunakan proses berpikir yang analitis dan logis saja belum tentu selalu memperoleh hasil pemecahan dari masalah tersebut. Terkadang peserta didik membutuhkan proses berpikir yang berbeda agar dapat memecahkan masalah matematika terutama aljabar. Proses mental yang berbeda inilah yang disebut sebagai intuisi. Intuisi dapat mengarahkan peserta didik untuk menemukan langkah-langkah dalam menemukan solusi suatu permasalahn. Dalam proses berpikir tipe kepribadian mempengaruhinya. Sehingga intuisi peserta didik dalam memecahkan masalah matematika bervariasi. Peneliti menggunakan alat ukur kepribadian DISC (dominance, influence, steadiness). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan intuitif peserta didik yang memiliki tipe kepribadian dominance, influence, steadiness dan compliance dalam memecahkan masalah aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung kelas VII semester genap tahun 2022/2023. Subjek penelitian sebanyak 4 peserta didik yang terdiri dari masing-masing kepribadian 1 orang. Data penelitian ini berupa analisis kemampuan intuitif peserta didik dalam memecahkan masalah aljabar dengan sumber data angket tipe kepribadian DISC, hasil tes pemecahan masalah aljabar dan hasil wawancara. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa (1) peserta didik berkepribadian dominance dalam memahami masalah dan merencanakan masalah melibatkan intuisi afirmatori; dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah melibatkan intuisi afirmatori atau antisipatori; dalam melihat kembali pemecahan masalah tidak melibatkan intuisi. (2) peserta didik berkepribadian influence dalam memahami masalah melibatkan intuisi afirmatori; dalam merencanakan pemecahan masalah dan melaksanakan rencana melibatkan intuisi antisipatori; dalam melihat kembali melibatkan intuisi konklusif. (3) peserta didik berkepribadian steadiness dalam memahami masalah dan merencanakan melibatkan intuisi afirmatori; dan terkadang melibatkan intuisi antisipatori; dalam melaksanakan pemecahan masalah melibatkan intuisi anrisipatori; dan dalam melihat kembali melibatkan intuisi konklusif. (4) peserta didik kepribadian compliance dalam memahami masalah melibatkan intuisi konklusif; dalam merencanakan pemecahan masalah melibatkan intuisi afirmatori; dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah terkadang melibatkan intuisi afirmatori atau intuisi antisipatori; dalam memahami masalah melibatkan intuisi konklusif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193003 RETNO ARIYANI |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 06:55 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 06:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42456 |
Actions (login required)
View Item |