PUTRI AYU LIA SHOFIANA, 128512203033 (2023) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN TEORI HONEY MUMFROD PADA SISWA SMP TAHFIDH AL-HIDAYAH KAUMAN DAN SMP JAWAAHIRUL HIKMAH BESUKI TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (863kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (773kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (519kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Teori Honey Mumford Pada Siswa SMP Tahfidh Al-Hidayah Kauman dan SMP Jawaahirul Hikmah Besuki Tulungagung” ini ditulis oleh Putri Ayu Lia Shofiana, NIM.128512203033, pembimbing 1 Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D, pembimbing 2 Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Tipe Belajar, Teori Honey Mumford Representasi matematis diartikan dengan suatu ungkapan dari gagasan matematika yang disampaikan oleh siswa sebagai upaya mencari solusi yang sedang terjadi. Representasi merupakan suatu bentuk interprestasi pemikiran siswa mengenai suatu masalah yang dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam menemukan penyelesaian dari masalah yang diberikan. Representasi bermanfaat untuk membantu siswa dalam menyelesaikan suatu persoalan matematika yang terlihat sulit menjadi lebih mudah. Tipe belajar merupakan cara yeng cenderung dipilih seseorang untuk mencari dan menerima informasi. Menurut Peter Honey & Alan Mumford membagi tipe belajar menjadi empat kelompok yaitu kelompok aktivis, reflektif, teoris, dan pragmatis. Siswa aktivis lebih menyukai hal yang menantang, siswa reflektor lebih menyukai pengumpulan informasi dalam memahami sesuatu, siswa teoritis cendrung kritis dan siswa pragmatis umumnya menaruh perhatian besar terhadap aspek praktis yang dipelajari. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis berdasarkan teori honey mumford tipe aktivis, 2) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis berdasarkan teori honey mumford tipe belajar reflektif, 3) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis berdasarkan teori honey mumford tipe belajar teoris, dan 4) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis berdasarkan teori honey mumford tipe belajar pragmatis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket, tes, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan teknik triagulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Kemampuan representasi matematis siswa dalam teori honey mumford tipe aktivis yaitu siswa mampu merepresentasikan dengan baik representasi visual, representasi simbolik dan representasi verbal. 2) Kemampuan representasi matematis siswa dalam teori honey mumford tipe reflektif yaitu siswa mampu merepresentasikan dengan baik representasi visual, representasi simbolik dan representasi verbal. 3) Kemampuan representasi matematis siswa dalam teori honey mumford tipe teoris siswa mampu merepresentasikan dengan baik representasi verbal, sedangkan untuk kemampuan representasi visual dan simbolik dalam kategori cukup. 4) Kemampuan representasi matematis siswa dalam teori honey mumford tipe pragmatis yaitu siswa mampu merepresentasikan representasi simbolik dan representasi verbal dengan baik, sedangkan untuk kemampuan representasi visual dalam kategori cukup.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 128512203033 PUTRI AYU LIA SHOFIANA |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 03:33 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 03:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42464 |
Actions (login required)
View Item |