MIR’ATUL FIRDAUSI, 12201193149 (2023) EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIK FIKIH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS XI MA ALHIKMAH LANGKAPAN SRENGAT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektifitas Metode Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Praktik Fikih dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat” ini ditulis oleh Mir’atul Firdausi, NIM 12201193149, dengan pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag,. Kata Kunci: role playing, metode, pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya adanya variasi metode pembelajaran yang digunakan guru untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran utamanya mata pelajaran fikih. Salah satunya metode role playing yang mana dirasa efektif untuk menunjang kemampuan praktik fikih siswa kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan karena adanya simulasi langsung dari materi yang dibahas. Rumusan dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Hasil Belajar dan Kemampuan Praktik Fikih Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Sebelum Diterapkannya Metode Role Playing? 2) Bagaimana Proses Penerapan Metode Role Playing Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat? 3) Bagaimana Hasil Belajar dan Kemampuan Praktik Fikih Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Setelah Diterapkannya Metode Role Playing? 4) Seberapa Efektif Metode Role Playing Diterapkan di Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat. Teknik sampling yang digunakan adalah sample jenuhi dengan seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini dihitung menggunakan rumus statistik sederhana seperti penentuan rata-rata, prosentase, uji validitas, uji reliabilitas. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektifitas metode role playing terhadap kemampuan praktik fikih siswa kelas XI, dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan nilai sig. < 0,05 (0,03<0,05) dan t ditolak dan H a hitung > t tabel, 3,109>1,670 maka H diterima. Hasil wawancara menunjukkan adanya peningkatan kemampuan praktik setelah diterapkannya metode role playing. 0
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193149 MIR'ATUL FIRDAUSI |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 07:14 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42492 |
Actions (login required)
View Item |