EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIK FIKIH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS XI MA ALHIKMAH LANGKAPAN SRENGAT

MIR’ATUL FIRDAUSI, 12201193149 (2023) EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIK FIKIH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS XI MA ALHIKMAH LANGKAPAN SRENGAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektifitas Metode Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Praktik Fikih dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat” ini ditulis oleh Mir’atul Firdausi, NIM 12201193149, dengan pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag,. Kata Kunci: role playing, metode, pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya adanya variasi metode pembelajaran yang digunakan guru untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran utamanya mata pelajaran fikih. Salah satunya metode role playing yang mana dirasa efektif untuk menunjang kemampuan praktik fikih siswa kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan karena adanya simulasi langsung dari materi yang dibahas. Rumusan dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Hasil Belajar dan Kemampuan Praktik Fikih Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Sebelum Diterapkannya Metode Role Playing? 2) Bagaimana Proses Penerapan Metode Role Playing Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat? 3) Bagaimana Hasil Belajar dan Kemampuan Praktik Fikih Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Setelah Diterapkannya Metode Role Playing? 4) Seberapa Efektif Metode Role Playing Diterapkan di Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat. Teknik sampling yang digunakan adalah sample jenuhi dengan seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini dihitung menggunakan rumus statistik sederhana seperti penentuan rata-rata, prosentase, uji validitas, uji reliabilitas. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektifitas metode role playing terhadap kemampuan praktik fikih siswa kelas XI, dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan nilai sig. < 0,05 (0,03<0,05) dan t ditolak dan H a hitung > t tabel, 3,109>1,670 maka H diterima. Hasil wawancara menunjukkan adanya peningkatan kemampuan praktik setelah diterapkannya metode role playing. 0

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193149 MIR'ATUL FIRDAUSI
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:14
Last Modified: 11 Dec 2023 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42492

Actions (login required)

View Item View Item