EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII MTS DARUL ULUM JOGOROTO JOMBANG

SITI FATIMATUZ ZAHROH, 12306193039 (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII MTS DARUL ULUM JOGOROTO JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII MTs Darul Ulum Jogoroto Jombang” ditulis oleh Sit i Fatimatuz Zahroh Nim 12306193039. Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tahun 2023. Pembimbing : Febranti Putri Navion, M.Pd. Kata kunci : Teknik Sosiodrama, Perilaku Agresif Siswa Abstrak : Perilaku agresif adalah sebuah perilaku yang dilakukan dengan sengaja untuk melukai dan menyakiti orang lain dengan tujuan untuk membahayakan orang lain baik secara fisik maupun perbuatan. Sikap agresif yang dimiliki oleh siswa cenderung berkata kasar, mudah emosi, suka bergosip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perilaku agresif siswa kelas VIII sebelum diberikan treatment dengan teknik sosiodrama dan untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku agresif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre eksperiment dengan desain penelitian one group pretest posttest dengan membandingkan hasil pretest perilaku agresif sebelum diberikan treatment dengan hasil posttest kuesioner perilaku agresif setelah mendapatkan treatment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Jogoroto Jombang yang berjumlah 37 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria 1) Siswa/siswi kelas VIII MTs Darul Ulum Jogoroto Jombang, 2) Siswa/siswi yang memiliki perilaku agresif sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil uji validitas yang menunjukan R hitung>R tabel (0,361) sebanyak 54 item dinyatakan valid dan sisanya 14 item tidak valid dengan koefisiensi reliabilitas 0,951 sehingga masuk pada kriteria sangat reliabel. Hasil penelitian berdasarkan pada hasil posttest yang mengalami penurunan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired T test bernilai sig (2-tailed) 0,000<0,05 sehingga menunjukan terdapat perbedaan variabel awal dan variabel akhir. Selain itu, hasil N-gain Skor yang menunjukan -2,596 sehingga tingkat efektivitas pada kategori terjadi penurunan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektivitas teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku agresif siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Jogoroto Jombang dapat dikatakan efektif dengan kategorisasi terjadi penurunan, dengan karakteristik siswa menunjukan perilaku lebih memperhatikan pelajaran, tidak berkata kasar dan tidak mengejek teman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193039 SITI FATIMATUZ ZAHROH
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:57
Last Modified: 11 Dec 2023 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42493

Actions (login required)

View Item View Item