RIKE DEVY NUR SAFITRI, 12205193029 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERBASIS GAYA BELAJAR DI MI MUHAMMADIYAH 03 TAKERHARJO SOLOKURO LAMONGAN. [ Skripsi ]
Text
COVER .pdf Download (942kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (621kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) | Preview |
Abstract
Rike Devy Nur Safitri. 12205193029. Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar di MI Muhammadiyah 03 Takerharjo Solokuro Lamongan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Gaya Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan setiap siswa yang menimbulkan karakteristik yang menonjol dari siswa di MI Muhammadiyah 03 Takerharjo terutama dalam gaya belajar yang diterapkan siswa. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, terlebih dahulu guru perlu mengetahui perbedaan gaya belajar siswa. Kemudian guru harus mampu menggunakan berbagai strategi yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa berbasis gaya belajar visual di MI Muhammadiyah 03 Takerharjo. (2) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa berbasis gaya belajar auditori di MI Muhammadiyah 03 Takerharjo. (3) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa berbasis gaya belajar kinestetik di MI Muhammadiyah 03 Takerharjo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang dilaksanakan guna menghasilkan data deskriptif dalam bentuk tulisan, lisan dan perilaku dari subjek yang diteliti. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data penelitian yakni, 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan, 1) Memperpanjang pengamatan, 2) Triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan gaya belajar visual adalah dengan cara menjelaskan materi dengan menulis di papan tulis. (2) Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan gaya belajar auditori yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan metode kelompok. (3) Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan gaya belajar kinestetik adalah dengan menyelangi pembelajaran dikelas dengan permainan. Guru juga mengajak siswa untuk bernyanyi dan menggerakkan sedikit anggota tubuhnya agar siswa tidak bosan saat proses pembelajaran. Selain itu guru di MI Muhammadiyah 03 Takerharjo juga mengajak siswa untuk belajar di luar kelas. Siswa yang menerapkan gaya belajarnya dengan baik akan memiliki kepercayaan diri yang bagus, motivasi belajar yang tinggi, disiplin dalam belajar serta akan berusaha membuat belajar menjadi hal yang menyenangkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Guru Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193029 RIKE DEVY NUR SAFITRI |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 06:26 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 06:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42521 |
Actions (login required)
View Item |