THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH WRITING CLUB ACTIVITIES AS AN EFFORT TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL AT SMKN 1 REJOTANGAN

CINDY SAFITRA SARI, 12203193014 (2023) THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH WRITING CLUB ACTIVITIES AS AN EFFORT TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL AT SMKN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (923kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sari, Cindy Safitra. Nomor Induk Mahasiswa. 12203193014. 2023. The Implementation of English Club Activities As An Effort To Improve Students’ Writing Skill At SMKN 1 Rejotangan. Sarjana Thesis. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Nanik Sri Rahayu, M. Pd. Kata Kunci: Peran, English club, kemampuan menulis. Menguasai keterampilan menulis dari proses belajar mengajar di kelas. Mengajar menulis membutuhkan banyak waktu. Karena keterbatasan waktu untuk menutupi semua itu, sekolah membentuk English Writing Club untuk mendukung peningkatan kemampuan menulis siswa. Program English club bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa termasuk dalam bidang menulis. Di Writing Club, tutor menerapkan strategi pengajaran yang tepat dalam penyampaian materi dan pemberian tugas sehingga tutor dapat memberikan evaluasi terhadap proses dan produk. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler klub bahasa Inggris sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis pada klub bahasa Inggris di SMKN 1 Rejotangan? 2) Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilan siswa ketika mengikuti keterampilan menulis di klub bahasa Inggris SMKN 1 Rejotangan? 3) Apa manfaat klub bahasa Inggris yang diperoleh siswa dengan mengikuti klub menulis bahasa Inggris di SMKN 1 Rejotangan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui dan memahami tentang pelaksanaan ekstrakurikuler klub bahasa Inggris sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis pada klub bahasa Inggris di SMKN 1 Rejotangan. 2) Mengetahui dan memahami tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pelatihan menulis di klub bahasa Inggris di SMKN 1 Rejotangan. 3) Mengetahui dan memahami manfaat klub bahasa Inggris yang diperoleh siswa dengan mengikuti klub menulis bahasa Inggris di SMKN 1 Rejotangan. Metode Penelitian: 1) desain penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, 2) subjek penelitian ini adalah tutor klub bahasa Inggris SMKN 1 Rejotangan, 3) teknik pengumpulan data adalah wawancara, dan observasi, 4) analisis data yang digunakan menurut teori Miles dan Huberman yaitu: pemadatan, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, 5) uji keterpercayaan data adalah uji kredibilitas, uji transferabilitas, dan uji ketergantungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) data dalam pelaksanaan klub menulis bahasa Inggris, tutor memberikan materi yang bersumber dari buku-buku yang dibuat oleh tutor. Tutor klub bahasa Inggris di SMKN 1 Rejotangan menggunakan 3 strategi pengajaran untuk menyampaikan materi: a) strategi pembelajaran berbasis kompetensi, b) strategi pembelajaran kontekstual, c) strategi pembelajaran aktif. Dan tutor melakukan evaluasi berdasarkan proses dan produk, 2) ada 2 faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam klub menulis bahasa Inggris, yaitu Internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya kepercayaan diri dalam diri mereka dan faktor eksternal meliputi lingkungan sekitar siswa, antara lingkungan teman, keluarga, dan sekolah mempengaruhi keberhasilan siswa dalam klub menulis, 3) Manfaat yang diperoleh siswa adalah mereka dapat meningkatkan kemampuan mereka tidak hanya dalam bidang menulis tetapi juga dalam bidang membaca, berbicara, dan menyimak. Dapat disimpulkan bahwa klub menulis bahasa Inggris memiliki peran penting dalam membantu siswa menguasai keterampilan menulis bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 12203193014 CINDY SAFITRA SARI
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:02
Last Modified: 12 Dec 2023 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42545

Actions (login required)

View Item View Item