PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-MUNAWWAR PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG

LILIK NUR KHOLIDAH, 2811123012 (2016) PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-MUNAWWAR PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover i-xviii.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Abstrak Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar Islam Al-Munawwar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung” ini ditulis oleh Lilik Nur Kholidah, NIM. 2811123012, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci : Peran Guru, Karakter Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena peranan penting guru dalam dunia pendidikan. Guru tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan akademik saja, akan tetapi guru juga mempunyai peranan penting dalam membangun karakter siswa. Keberhasilan dalam membangun karakter siswa tidak lepas dari banyak faktor pendukung. Keberhasilan dalam hal ini adalah sosok yang tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tetapi bagaimana dapat berkontribusi sebanyak mungkin untuk orang lain dan masyarakat. Dengan demikian, maka karakter yang paling ideal yang dimiliki dan dikembangkan dalam dunia pendidikan adalah intelektual profetik. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa Nabi Muhammad merupakan sosok teladan yang berpengaruh di dunia yang menjadi uswatun khasanah bagi umat Islam. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1). Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung?; (2). Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung?; (3). Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui peran guru sebagai pendidik dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung; (2). Untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung; (3). Untuk mengetahui peran guru sebagai evaluator dalam membangun karakter siswa siswi di Sekolah Dasar Islam Al-Munawar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Orientasi teoritis yang digunakan bertumpu pada pendekatan studi fenomenologi. Data dan sumber data: 1. Primer: kepala sekolah, guru, dan siswa. 2. Sekunder: dokumentasi, serta arsip-arsip. Pengumpulan data penelitian ini dengan observasi partisipan, wawancara mendalam serta teknik dokumentasi. Pengecekan data kembali dengan triangulasi, prosedur pengungkapan data mengenai pean guru dalam membangun karakter siswa. Untuk analisis data, peneliti mengumpulkan data kemudian reduksi data, penyajian data dan selanjutnya menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Peran guru sebagai pendidik dalam membangun karakter siswa di SDI Al-Munawwar Tulungagung tidak hanya diberikan ketika proses belajar mengajar saja, akan tetapi juga dilakukan diluar proses belajar mengajar, dan dengan membiasakan budaya religius di lingkungan SDI Al-Munawwar Tulungagung. 2) Peran guru sebagai motivator dalam membangun karakter siswa di SDI Al-Munawwar Tulunggagung yang dilakukan secara terus menerus, dan bertahap serta guru memberi dan menjadi contoh yang baik atau Uswatun Khasanah bagi siswa. 3) Peran guru sebagai evaluator dalam membangun karakter siswa di SDI Al-Munawwar Tulungagung dilakukan ketika di lingkungan sekolah baik didalam proses pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran selain itu juga dilakukan dengan penilaian di lingkungan keluarga melalui buku penghubung (assessment).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123012 LILIK NUR KHOLIDAH
Date Deposited: 20 Dec 2016 04:25
Last Modified: 20 Dec 2016 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4257

Actions (login required)

View Item View Item