PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS MEDIA KOMAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK ISLAM 2 DURENAN TRENGGALEK PADA MATERI MATRIKS

YUYUN MEILASARI, 12204193118 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS MEDIA KOMAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK ISLAM 2 DURENAN TRENGGALEK PADA MATERI MATRIKS. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Media Komat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Islam 2 Durenan Trenggalek Pada Materi Matriks” ini ditulis oleh Yuyun Meilasari, NIM 12204193118 dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Guided Inquiry, komat, hasil belajar, matriks Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Siswa menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit karena kurang memahami konsep matematis yang ada dan penyampaian guru masih secara konvensional serta tidak menggunakan media untuk memperjelas materi. Sehingga pada penelitian ini dikaitkan dengan model pembelajaran Guided Inquiry berbasis media komat (Kotak Matriks) terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry berbasis media komat terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi matriks di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek dan (2) mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry berbasis media komat terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi matriks di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini seluruh kelas XI di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek yang berjumlah 289 siswa. Sampelnya adalah kelas XI TKRO 3 sebagai kelas eksperimen dengan 34 siswa dan kelas XI TKRO 4 sebagai kelas kontrol dengan 35 siswa. Pengambilan data secara non random sampling (data tidak diambil secara acak) dengan teknik purpossive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan dokumentasi dan post tes hasil belajar matriks siswa yang terdiri dari soal pilihan ganda dan uraian. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan uji-T dan uji effect size. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry berbasis media komat terhadap hasil belajar kelas XI SMK Islam 2 Durenan Trenggalek pada materi matriks. Hal ini dibuktikan dengan uji-T dan diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,000 ≤ 0,05 dan (2) besar pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry berbasis media komat terhadap hasil belajar kelas XI SMK Islam 2 Durenan Trenggalek pada materi matriks adalah 1,932207 dan jika diinterpretasikan menurut nilai Cohen`s pengaruh tersebut senilai dengan 97,1% dan berkategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193118 Yuyun Meilasari
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:17
Last Modified: 18 Dec 2023 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42608

Actions (login required)

View Item View Item