LILA MAKHZUNA, 12201193252 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI KELAS XI DI SMAN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (527kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat menyebabkan terjadinya transformasi di segala bidang, termasuk bidang pendidikan. Salah satu pengaruh berkembangnya teknologi, terdapat sebuah fasilitas yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran. Tugas seorang guru semakin hari semakin berat. Karena harus mampu mengimbangi ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal yang penting adalah bagaimana cara seorang guru mampu membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan, sehingga siswa terus termotivasi untuk terus belajar. Media pembelajaran berbasis video animasi merupakan sebuah inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain media pembelajaran berbasis video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar PAI kelas XI di SMAN 1 Boyolangu, kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar PAI kelas XI di SMAN 1 Boyolangu, implementasi media pembelajaran berbasis video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar PAI kelas XI di SMAN 1 Boyolangu, keefektifan media pembelajaran berbasis video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar PAI kelas XI di SMAN 1 Boyolangu. Penelitian menggunakan metode pendekatan Research & Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dan hasil pre-test dan post-test. Data yang dihasilkan dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Proses pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi yang dihasilkan dalam peneltiian dan pengembangan ini melalui beberapa tahap. Yaitu analisis, desain, pengembangan, dan implementasi. (2) Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yaitu sebesar 14,5% dari 64% (sebelum pembelajaran menggunakan media) dan meningkat menjadi 78,5% (sesudah pembelajaran menggunakan media). Angka tersebut jika dikonversikan dengan tabel konversi skala tingkat motivasi belajar siswa, tingkat pencapaian 78,5% berada pada kualifikasi tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Media Sosial Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193252 LILA MAKHZUNA |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 06:00 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 06:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42642 |
Actions (login required)
View Item |