MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PENDIDIKAN INKLUSI DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN (Studi Multikasus di SDN Betet 1 Kediri dan MI Unggulan Darussalam Gembongan Ponggok Blitar)

MUALLIEF UMAR, 129501203018 (2023) MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PENDIDIKAN INKLUSI DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN (Studi Multikasus di SDN Betet 1 Kediri dan MI Unggulan Darussalam Gembongan Ponggok Blitar). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (672kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)

Abstract

ABSTRAK Muallief Umar, NIM. 129501203018, 2023. "Manajemen Peserta Didik pada Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Lulusan” (Studi Multikasus di SDN Betet I Kediri Dan MI Unggulan Darussalam Gembongan Ponggok Blitar) disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor: (1) Prof. Dr. H. Imam Fuadi,M.Ag. (2) Dr. Hj. Sulistiyorini, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen peserta didik, Pendidikan inklusi, Mutu lulusan Pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas merupakan kebutuhan dan tuntutan masyarakat dalam kaitannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Dunia endidikan yang berbasis IT sudah tidak boleh lagi diabaikan keberadaannya oleh karena itu sekolah penyelenggara terutama sekolah penyelenggara pendidikan inklusi agar mampu bersaing sehingga sekolah berdaya saing tinggi dan diminati oleh masyarakat pengguna pendidikan. Harus menata manajemen peserta didik secara optimal agar menghasilkan mutu lulusan yang bagus. Tahapan yang harus dilalui harus di rencanakan secara teliti, dilaksanakan dengan serius serta di awasi dengan seksama secara periodik. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan dan menganalisis terkait 1) bagaimana proses penerimaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan pada pendidikan inklusi? 2) Bagaimana pembinaan dan pengembangan pendidikan inklusi dalam meningkatkan mutu lulusan? 3) Bagaimana pengawasan peserta didik pada pendidikan inklusi dalam meningkatkan mutu lulusan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitataif deskriptif dengan partisipasi mutlak pada peneliti. Data diambil dari informan atau sumberdata primer di antaranya: kepala sekolah, guru inklusi, guru regular, shadow, wali murid, dan petugas theraphys, serta tenaga kependidikan kedua lokus, serta informan PLA ( Pusat Layanan Autis ). Hasil penelitian ini adalah penerimaan peserta didik baru dalam meningkatkan mutu lulusan pada pendidikan inklusi di dua lembaga pendididkan ini, peserta didik yang mendaftar akan diterima semuanya tanpa seleksi. Berikutnya diadakan kelasifikasi berdasarkan kompetensi peserta didik dan di kelompokkan pada kelas regular dan inklusi. Bagi yang terdeteksi berkebutuhan khusus akan di adakan asssemen oleh therapis yang di tugas. Sedangkan di MI Unggulan di serahkan kepada PLA Blitar untuk dilakukan observasi lanjutan. Pembinaan dan pengembangan peserta didik dilakukan secara intensif baik ko kurikuler maupun ekstrakurikuler berbasis pada kemampuan peserta didik dan berpegang pada Kurikulum-13. Evaluasi yang dilakukan disesuaikan tahapan yang ditetapkan sehingga kelulusan peserta didik berkebutuhan khusus jadi perioritas. Pengawasan dan evaluasi dalam menyaring mutu lulusan dengan berbagai cara di antaranya kontrol dan pengawasan oleh kepala madrasah. Dari pembinaan yang intens pula madrasah ini mampu mempertahankan dirinya sebagai madrasah yang unggulan dan lulusannya 100 % melanjutkan sekolah yang lebih tinggi, baik negeri maupun swasta.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 129501203018 MUALLIEF UMAR
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:31
Last Modified: 20 Dec 2023 01:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42667

Actions (login required)

View Item View Item