PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX MTS DARUSSALAM ARIYOJEDING

ISNA NADHIROTUL FITRIYA, 12204183111 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX MTS DARUSSALAM ARIYOJEDING. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (711kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas IX MTs Darussalam Ariyojeding” ini ditulis oleh Isna Nadhirotul Fitriya, NIM 12204183111, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Hasil Belajar, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor diantaranya, matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan, rendahnya motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran matematika. Dalam hal ini guru dapat mengambil langkah dengan menerapkan model pembelajaran yang menarik siswa agar berpartisipasi aktif mengikuti pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran alternatif yang dapat digunakan adalah Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Model pembelajaran ini merupakan penggabungan dari inkuiri terbimbing dan pendekatan kooperatif. Model pembelajaran ini memiliki ciri pembelajaran aktif secara berkelompok, dimana setiap anggota kelompok memiliki peran dan tugas masing-masing, sehingga diharapkan hasil dan motivasi belajar siswa dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar pada materi persamaan kuadrat kelas IX MTs Darussalam Ariyojeding, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap motivasi belajar pada materi persamaan kuadrat kelas IX MTs Darussalam Ariyojeding, (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar pada materi persamaan kuadrat kelas IX MTs Darussalam Ariyojeding. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MTs Darussalam Ariyojeding, sebagai masukan untuk menjadikan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) sebagai salah satu alternatif dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran. Bagi para guru MTs Darussalam Ariyojeding sebagai referensi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Bagi siswa MTs Darussalam Ariyojeding sebagai bekal pengetahuan tentang model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan keterlibatan siswa yang diharapkan dapat aktif dalam pembelajaran. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan referensi dan wawasan yang cukup berarti bagi peneliti selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Darussalam Ariyojeding. Pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan kelas IX B sebagi kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji independent sample T-test dan uji Cohen’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar pada materi persamaan kuadrat kelas IX MTs Darussalam Ariyojeding dengan nilai signifikasi 0,003 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap motivasi belajar pada materi persamaan kuadrat kelas IX MTs Darussalam Ariyojeding dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. (3) Besar pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar pada materi persamaan kuadrat kelas IX MTs Darussalam Ariyojeding adalah 0,958 termasuk kategori sangat besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183111 ISNA NADHIROTUL FITRIYA
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:27
Last Modified: 21 Dec 2023 01:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42701

Actions (login required)

View Item View Item