DYAH WULANDARI, 12207193041 (2023) MANAJEMEN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK SMAN 2 TRENGGALEK

DYAH WULANDARI, 12207193041 (2023) DYAH WULANDARI, 12207193041 (2023) MANAJEMEN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Sekolah Ramah Anak dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik SMAN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Dyah Wulandari, NIM. 12207193041, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Manajemen, Sekolah Ramah Anak, Karakter Disiplin Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena kekerasan dan diskriminasi yang sering terjadi dilingkungan lembaga pendidikan, dan program sekolah ramah anak menjadi target utama pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan yang terbebas dari segala tindak kekerasan, namun pada kenyataannya masih banyak sekolah yang belum menerapkan program tersebut. Kesadaran akan pentingnya pembentukan karakter peserta didik melalui program yang ramah anak perlu ditanamkan sejak dini. SMAN 2 Trenggalek telah dinobatkan sebagai sekolah ramah anak sejak tahun 2019 sehingga dapat dijadikan role model lembaga pendidikan yang menerapkan program ramah anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sekolah ramah anak di SMAN 2 Trenggalek dengan fokus penelitian; 1) Bagaimana perencanaan sekolah ramah anak dalam upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik SMAN 2 Trenggalek?; 2) Bagaimana pengorganisasian sekolah ramah anak dalam upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik SMAN 2 Trenggalek?; 3) Bagaimana pelaksaan sekolah ramah anak dalam upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik SMAN 2 Trenggalek?; 4) Bagaimana pengawasan sekolah ramah anak dalam upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik SMAN 2 Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan sekaligus penanggungjawab program sekolah ramah anak, guru. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah kondensasi data, pengecekan keabsahan data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; 1) perencanaan sekolah ramah anak dalam membentuk karakter disiplin peserta didik SMAN 2 Trenggalek dengan membentuk visi, misi dan tujuan sekolah yang memuat kebijakan sekolah ramah anak, merumuskan asumsi kemudahan dan hambatan, dan menentukan rencana pendukung keberhasilan program. 2) pengorganisasian sekolah ramah anak dalam membentuk karakter disiplin peserta didik SMAN 2 Trenggalek dilakukan dengan membentuk struktur tim pelaksana yang terdiri dari pembina, ketua pelaksana, sekretaris, bendahara, koordinator bidang, dan anggota bidang. Dan pembagian serta penempatan kerja pegawai ditentukan berdasarkan kemampuan masing-masing pegawai. 3) Pelaksanaan sekolah ramah anak dalam membentuk karakter disiplin peserta didik ditunjukkan dengan adanya kepemimpinan kepala sekolah, sikap dan moral peserta didik, hubungan dan komunikasi, serta kedisiplinan yang ditunjukkan peserta didik dalam pelaksanaan sekolah ramah anak. Penerapan program sekolah ramah anak SMAN 2 Trenggalek berhasil membentuk karakter disiplin pada peserta didik yang ditunjukkan dengan adanya tingkat kedisiplinan yang cukup tinggi yang ditunjukkan oleh peserta didik. 4) Pengawasan sekolah ramah anak dalam membentuk karakter disiplin peserta didik dilakukan dengan dua cara, yaitu pengawasan internal yang dilakukan oleh kepala sekolah, tim pelaksana beserta seluruh guru dan karyawan, dan pengawasan eksternal dilakukan oleh lembaga diluar sekolah seperti Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193041 DYAH WULANDARI
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:32
Last Modified: 03 Jan 2024 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42749

Actions (login required)

View Item View Item