PENGARUH MODEL GENERATIF LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SMAN 1 PRAMBON NGANJUK

VIANA QORI, 12204193101 (2023) PENGARUH MODEL GENERATIF LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SMAN 1 PRAMBON NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Pengaruh Model Generatif Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier SMAN 1 Prambon Nganjuk” ditulis oleh Viana Qori, NIM.12204193101, pembimbing: Nani Sunarmi,S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Model Generatif Learning, motivasi belajar, hasil belajar. Rendahnya motivasi dan hasil belajar matematika di SMAN 1 Prambon Nganjuk menjadi perhatian peneliti. Hal ini disebabkan kebanyakan siswa belum sepenuhnya menguasai konsep dasar pada materi matematika. Penyebab lainnya adalah adanya pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pemahaman siswa menjadi rendah. Siswa menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Salah satu faktor kesulitan siswa yaitu, sifat abstrak yang menjadi karakter matematika serta kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan belajar serta dapat melibatkan secara aktif siswa dalam pembelajaran, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa dapat optimal. Salah satunya melalui model pembelajaran Generatif Learning berbantuan media Powerpoint Interaktif. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) Adanya pengaruh model Generatif Learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier SMAN 1 Prambon Nganjuk. (2) Adanya pengaruh model Generatif Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier SMAN 1 Prambon Nganjuk. (3) Adanya pengaruh model Generatif Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier SMAN 1 Prambon Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Prambon Nganjuk. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan sampel yang terpilih yaitu, kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yaitu uji Independent Sample T-test dan uji MANOVA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model Generatif Learning terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Prambon Nganjuk. (2) Ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model Generatif Learning terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Prambon Nganjuk. (3) Ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model Generatif Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier di SMAN 1 Prambon Nganjuk.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193101 VIANA QORI
Date Deposited: 27 Dec 2023 05:28
Last Modified: 27 Dec 2023 05:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42767

Actions (login required)

View Item View Item