PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG

ZULFA ULIN NI'MAH, 12204193069 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (380kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Lingakaran Siswa Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Zulfa Ulin Ni’mah, NIM. 12204193069, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Media Question Card, Materi Lingkaran, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan media question card terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias siswa dalam belajar matematika, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, metode yang digunakan masih secara konvensional, siswa sering bermain dan berbicara sendiri, serta hasil belajar dinilai masih kurang memuaskan. Maka dari itu proses pembelajaran memerlukan model pembelajaran yang menyenangkan dan melibatkan semua siswa untuk aktif. Dalam hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperarif tipe talking stick dengan media question card untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan media question card. (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan media question card terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung dengan sampel kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa soal tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat dengan uji homogenitas dan uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian (1) Hasil belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan media question card memperoleh rata-rata sebesar 83,93 dan tergolong sangat tinggi. (2) Hasil belajar matematika dengan model konvensional memperoleh rata-rata sebesar 76,55 dan tergolong tinggi. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan media question card terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Dibuktikan oleh uji T-test yang menunjukkan 0,014 < 0,05 dan effect size 0,69 tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193069 ZULFA ULIN NI'MAH
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:03
Last Modified: 26 Mar 2024 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42796

Actions (login required)

View Item View Item