PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI RA RADEN FATAH PODOREJO

ALFINA FITRIA NADZIROH, 12206193054 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI RA RADEN FATAH PODOREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (11MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB)

Abstract

enelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ada Raden Fatah Podorejo pada kelompok B yakni beberapa anak masih kesulitan dalam membedakan beberapa huruf, kesulitan memahami kata sederhana, belum lancar dalam pengucapan kata. Selain itu, banyak anak yang tidak tertarik dan mudah bosan dalam pembelajaran membaca di RA Raden Fatah Podorejo karena di lembaga tersebut hanya menggunakan buku latihan konvensional biasa. Buku tersebut menggunakan sistem eja per suku kata saat pembelajaran membaca dan hanya berwarna hitam putih. Hal tersebut mengakibatkan tidak adanya peningkatan terhadap hasil belajar membaca. Dalam pembelajaran membaca seorang pendidik memerlukan penggunaan media salah satunya penggunaan media flash card untuk membantu dalam pembelajaran membaca sehingga mendapatkan peningkatan hasil belajar peserta didik yang optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar membaca anak kelompok B di RA Raden Fatah Podorejo?” dan “Berapa besar pengaruh yang signifikan antara penggunaan media flash card terhadap hasil belajar membaca anak?”. Adapun tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar membaca anak Kelompok B di RA Raden Fatah Podorejo dan Menjelaskan besar pengaruh yang signifikan antara penggunaan media flash card terhadap hasil belajar membaca anak Kelompok B di RA Raden Fatah Podorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis desain quasi experimental tipe nonequivalent control group desain. Subjek dalam penelitian ini ialah anak usia 5 – 6 tahun yakni kelompok B1 dan B2 yang berjumlah lima puluh delapan anak. Kelas B1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah tiga puluh anak dan kelas B2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah dua puluh delapan anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T- test dan Uji Effect Size d cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar membaca di RA Raden Fatah Podorejo dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Besar pengaruh penggunaan media flash cardterhadap hasil belajar membaca di RA Raden Fatah Podorejo adalah 2,84 yang memiliki interpretasi yang besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193054 ALFINA FITRIA NADZIROH
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:04
Last Modified: 02 Jan 2024 06:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42809

Actions (login required)

View Item View Item