PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

MASFIATUL FIKRIYAH, 12204193036 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (979kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa pada Materi Statistika Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Masfiatul Fikriyah, NIM. 12204193036, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif , Think Talk Write, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Penelitian ini didasarkan pada beberapa hal antara lain kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, siswa kesulitan mengingat materi yang telah disampaikan untuk menyelesaikan suatu permasalahan, dan siswa juga kesulitan dalam merefleksikan pengetahuan yang telah dimilikinya untuk menyelesaikan permasalahan baru yang diberikan. Dengan adanya permasalahan tersebut diperlukan adanya suatu pembaharuan dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Think Talk Write. Model pembelajaran Think Talk Write merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif dimana tahapannya dimulai dari tahap berpikir, kemudian berbicara dan menulis. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi statistika kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi statistika kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis experimental yaitu quasi experiment. Dengan desain pretest-posttest non equivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah 324 siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah cluster random sampling. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII C, dimana kelas VIII A sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa sedangkan kelas VIII C sebagai kelas Eksperimen berjumlah 34 siswa. Pada kelas kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran saintifik sedangkan pada kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Think Talk Write. Pada penelitian ini menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis uji independent sample t test dan uji effect size cohen’s. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi statistika kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hal tersebut ditunjukkan pada pengolahan data diperoleh nilai Sig. 0,026 < 0,05. (2) Besar pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi statistika kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar sebesar 0,03 atau 50% yang tergolong small atau kecil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193036 MASFIATUL FIKRIYAH
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:52
Last Modified: 02 Jan 2024 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42837

Actions (login required)

View Item View Item