NOVAN KHOIRUN NAJMI, 12201193327 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (139kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius pada Peserta Didik Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Novan Khoirun Najmi, NIM. 12201193327. Pembimbing Ahmad Natsir. Kata Kunci: Peran, Guru PAI, Karakter Religius Peran guru dalam menanamkan karakter religius di sekolah sangat penting. Dengan menerapkan karakter religius akan menunjukkan setiap pikiran, perkataan, dan perbuatan yang diterapkan oleh seseorang selalu berdasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan ajaran Agama. Penerapan tersebut ditujukan agar terbiasa melakukan kegiatan agama baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah serta akan membawa dampak baik pada diri peserta didik. Pertanyaan penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru pendidikan Agama Islam sebagai supervisor dalam menerapkan karakter religius pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung? 2) Bagaimana peran guru pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menerapkan karakter religius pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung? 3) Bagaimana peran guru pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam menerapkan karakter religius pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai supervisor, motivator, dan fasilitaor, dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik melalui program di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipan pasif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Serta teknik pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan, antara lain dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Peran guru sebagai supervisor dalam penanaman karakter religius yaitu dengan pendampingan dan motivasi untuk berperilaku positif melalui penguatan karakter seperti penerapan Sholat dhuha, sholat dzuhur, sholat jum’at pembacaan kitab suci Al Qur’an, dan pembiasaan 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun). 2) Peran guru dalam memotivasi peserta didik penjadwalan sholat berjamaah zuhur, menerapkan sistem penghargaan reward bagi siapa saja yang melaksanakan dengan baik hingga mendapat prestasi, dan juga menciptakan suasana yang menyenangkan dalam pelaksanaan pembiasaan tersebut. 3) Peran guru sebagai fasilitator guna menggerakan, memantapkan, dan memantik peserta didik dalam penerapan karakter religius guna bisa menjadi bekal peserta didik dalam kesidupan bersosial sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193327 NOVAN KHOIRUN NAJMI |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 02:48 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42862 |
Actions (login required)
View Item |