DESAIN IDEAL PEMASARAN PARTAI POLITIK DI INDONESIA DALAM PEMILIHAN UMUM BERDASARKAN SISTEM HUKUM KEPARTAIAN DAN PEMILU DI INDONESIA

ROFIATUL UMAYAH, 12103193088 (2023) DESAIN IDEAL PEMASARAN PARTAI POLITIK DI INDONESIA DALAM PEMILIHAN UMUM BERDASARKAN SISTEM HUKUM KEPARTAIAN DAN PEMILU DI INDONESIA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

ROFIATUL UMAYAH, 12103193088, Desain Ideal Pemasaran Partai Politik di Indonesia Dalam Pemilihan Umum Berdasarkan Sistem Hukum Kepartaian dan Pemilu di Indonesia, Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Dosen Pembimbing Ahmad Gelora Mahardika M.H. Kata Kunci : Desain Ideal, Pemasaran Partai Politik, Pemilihan Umum Penelitian ini dilatarbelakangi oleh marketing politik di Indonesia, dimana marketing politik yang dilaksanakan oleh setiap partai politik khususnya 15 partai politik yang ikut serta dalam Pemilu 2024 memiliki macam-macam strategi dalam memasarkan partainya. Akan tetapi dalam pemasaran partai politik tersebut masih bisa dikatakan belum ideal, oleh sebab itu diperlukan desain ideal dalam pemasaran partai politik. Rumusan Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah : 1) Bagaimana metode pemasaran partai politik di Indonesia ?, 2) Bagaimana desain ideal dalam pemasaran partai politik di Indonesia ? Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian hukum yuridis normatif dengan metode pendekatan teori-teori, konsep- konsep, mengkaji peraturan perundang-undangan yang bersangkutan dengan penelitian ini atau pendekatan perundang-undangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum sekunder. Hasil penelitian yang didapat dari penelitian ini yakni : 1) Partai politik dalam memasarkan partainya memiliki metode kampanye yang berbeda-beda dalam menyampaikan gagasannya. Metode kampanye yang digunakan seperti pemasangan baliho, pemasangan spanduk, penyebaran brosur, melakukan blusukan di daerah-daerah khususnya Capres dan Cawapres, pemanfaatan media sosial dan media elektronik dalam penyampaikan ide dan gagasan. Meskipun setiap partai politik memiliki cara yang berbeda-beda dalam memasarkan partainya, akan tetapi masih diperlukan desain ideal dalam pemasaran partai politik. 2) Bentuk desain ideal pemasaran partai politik yang paling relevan untuk saat ini adalah dengan cara pemanfaatan media elektronik dan media sosial, khususnya dengan cara memaksimalkan aplikasi TikTok. Caranya adalah dengan pembuatan konten yang menarik sehingga mudah di ingat oleh kalangan masyarakat khususnya anak muda. Setiap partai politik diwajibkan untuk sekreatif mungkin dalam memasarkan progam-progamnya dengan cara melalui konten yang dibuat. Meskipun bentuk pemasaran partai politik yang efektif adalah dengan cara memanfaatkan media elektronik atau media sosial bukan berarti cara lain tidak digunakan, seperti Menciptakan citra kerja yang baik dalam lingkungan masyarakat, Kampanye massa, dan Pemasaran partai politik dengan menggunakan media cetak atau poster.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Hukum > Partai Politik
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103193088 ROFIATUL UMAYAH
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:46
Last Modified: 28 Dec 2023 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42866

Actions (login required)

View Item View Item