PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII B PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATERI PRASYARAT DI MTS BUSTANUL ULUM KANIGORO BLITAR

AYU ELYA KHALIDA ZIA, 12204183289 (2024) PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII B PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATERI PRASYARAT DI MTS BUSTANUL ULUM KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (933kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII B Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Kemampuan Materi Prasyarat Di MTs Bustanul Ulum Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Ayu Elya Khalida Zia, 12204183289, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Materi Prasyarat, SPLDV Fenomena pemahaman konsep matematis berdasarkan kemampuan materi prasyarat masih kurang diperhatikan. Pemahaman konsep matematika menjadi salah satu kemampuan yang diharapkan dapat ditumbuhkan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan materi prasyarat siswa memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematis siswa, artinya semakin tinggi kemampuan materi prasyarat siswa maka pemahaman konsep matematis siswa juga semakin tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa pada materi SPLDV berdasarkan kemampuan materi prasyarat tinggi di kelas VIII B MTs Bustanul Ulum Blitar. 2) Mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa pada materi SPLDV berdasarkan kemampuan materi prasyarat sedang di kelas VIII B MTs Bustanul Ulum Blitar. 3) Mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa pada materi SPLDV berdasarkan kemampuan materi prasyarat rendah di kelas VIII B MTs Bustanul Ulum Blitar. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum dengan pengelompokan 2 siswa berkemampuan materi prasyarat tinggi, 2 siswa berkemampuan materi prasyarat sedang, dan 2 siswa berkemampuan materi prasyarat rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis pada siswa kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Kanigoro Blitar berbeda antara siswa yang mempunyai kemampuan awal matematis tinggi, sedang, dan rendah. 1) Siswa dengan kemampuan awal matematis tinggi mampu memenuhi seluruh indikator pemahaman konsep matematis. 2) Siswa dengan kemampuan awal matematis sedang mampu memenuhi 5 indikator pemahaman konsep matematis. 3) Siswa dengan kemampuan awal matematis rendah hanya mampu memenuhi 2 indikator pemahaman konsep matematis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183289 AYU ELYA KHALIDA ZIA
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:11
Last Modified: 08 Jan 2024 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42870

Actions (login required)

View Item View Item