PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI MIPA MAN 3 MAGETAN

ANISA NUR KHASANAH, 12212193005 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI MIPA MAN 3 MAGETAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (551kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (901kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI MIPA MAN 3 Magetan” ini ditulis oleh Anisa Nur Khasanah, NIM. 12212193005, pembimbing Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: blended learning, kemandirian, hasil belajar, sistem koloid Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemandirian yang dimiliki oleh siswa. Saat pembelajaran kelompok, siswa cenderung mengandalkan salah satu teman kelompoknya yang pandai dikarenakan kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki oleh siswa dalam mengerjakan soal tersebut. Selain itu hasil belajar siswa pada materi sistem koloid ≤ Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Hal tersebut dikarenakan siswa cenderung menggunakan cara hafalan untuk memahami materi tersebut. Penggunaan cara yang kurang tepat dalam mempelajari materi dapat menimbulkan beberapa kendala dalam pembelajaran seperti, seringkali mengantuk saat jam pelajaran berlangsung. Guru perlu melakukan suatu inovasi dalam bidang pendidikan, salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran blended learning. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning tehadap kemandirian belajar siswa pada materi sistem koloid kelas XI MIPA MAN 3 Magetan, 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi sistem koloid kelas XI MIPA MAN 3 Magetan, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap kemandirian dan hasil belajar kimia siswa pada materi sistem koloid kelas XI MIPA MAN 3 Magetan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain non-equivalent control post-test grup design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing siswa sejumlah 21 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Pengumpulan data hasil belajar menggunakan instrumen tes sebanyak 20 soal pilihan ganda. Data kemandirian diperoleh dari instrumen angket yang terdiri dari 6 indikator dengan skala likert. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan uji manova. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa 1) model pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 2) model pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi sistem koloid, dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, 3) model pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap kemandirian dan hasil belajar kimia siswa pada materi sistem koloid, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian blended learning efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193005 ANISA NUR KHASANAH
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:41
Last Modified: 02 Jan 2024 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42897

Actions (login required)

View Item View Item