ROUDHOTUZ ZUHRUFIN, 2811123205 (2016) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
SAMPUL LUAR DAN DALAM (brs).pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, MOTTO, PERSEMBAHAN, PRAKATA, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf Download (889kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (brs).pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (brs).pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (brs).pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV (brs).pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text
BAB V (brs).pdf Download (112kB) |
||
|
Text
BAB VI (brs).pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN (brs).pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
SAMPUL LUAR DAN DALAM (brs).pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
SAMPUL LUAR DAN DALAM (brs).pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengelolaan Kelas Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Roudhotuz Zuhrufin, NIM. 2811123205, pembimbing, Drs. H. Akhyak, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam kegiatan pembelajaran, karena guru mempunyai tanggung jawab besar dalam perkembangan kepribadian siswa, terutama yang terjadi di kelas, oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki keterampilan dalam pengelolaan kelas. Dalam hal ini peneliti mengkaji bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Rumusan dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengelolaan kelas oleh guru PAI dalam menciptakan kelas yang kondusif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 2 Sumbergempol? (2) Bagaimana strategi pengelolaan kelas oleh guru PAI dalam menjalin kerjasama yang baik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana strategi pengelolaan kelas oleh guru PAI dalam mengatur ruang belajar di kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas oleh guru PAI dalam menciptakan kelas yang kondusif (2) Untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas oleh guru PAI dalam menjalin kerjasama yang baik dengan siswa (3) Untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas oleh guru PAI dalam mengatur ruang belajar di kelas. Skripsi ini bermanfaat bagi SMPN 2 Sumbergempol untuk pengembangan pembelajaran formal dengan suatu pendekatan yang tepat guna mempereoleh hasi yang optimal. Bagi guru diharapkan dapat dijadikan bahan masukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran khususnya dalam segi pengelolaan kelas, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada suatu mata pelajaran. Serta bagi siswa diharapkan akan dapat meningkatkan keberhasilan dalam proses kegiatan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian yang dilakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang strategi guru dalam mengelola kelas agar proses pembelajaran kelas dapat berjalan dengan kondusif. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan guru PAI di SMPN 2 Sumbergempol ini sudah cukup baik. Hal penting yang harus dikuasai guru adalah strategi dalam mengelola kelas, pencapaian prestasi belajar siswa itu tergantung dari tindakan guru di kelas, salah satu aspek yang bisa dilakukan guru adalah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas dengan optimal. Selain itu guru bisa membangkitkan minat belajar siswa dengan penggunaan metode, media dan gaya mengajar yang bervariasi serta berkepribadian yang religius. mengenal siswa lebih dekat dalam suatu interaksi belajar di kelas, bisa mengenali berbagai jenis kelas yang akan dikelola, mengatur posisi duduk yang tepat dan memlihara keindahan dan kebersihan kelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123205 ROUDHOTUZ ZUHRUFIN |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 03:33 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 03:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4290 |
Actions (login required)
View Item |