FALYA JUNAIDATIL QURROK, 12850521010 (2024) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (Studi Multi Situs di MIN 14 Blitar dan MIN 2 Blitar). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (970kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (553kB) |
Abstract
ABSTRAK Falya Junaidatil Qurrok, 2023, Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (Studi Multi Situs di MIN 14 Blitar dan MIN 2 Blitar), Tesis Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing 1) Dr. H. Muhammad Zaini, M. A. 2) Dr. Zaini Fasya, S. Ag.,M. Pd. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika akibat pembelajaran daring. Aktivitas pembelajaran daring selama dua tahun terakhir menyebabkan menurunnya cara berpikir peserta didik yang kritis dan kreatif, ketidaktuntasan materi, serta semrawutnya pembiasaan yang sudah teratur sebelumnya. Tantangan guru semakin bertambah dengan dikeluarkannya perubahan kurikulum. Guru harus beradaptasi dengan berbagai perubahan dari kurikulum merdeka termasuk dalam pembelajaran proyek yang kontras dengan pembelajaran daring. Guru harus memiliki kompetensi pedagogik yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Peneliti melakukan penelitian di sekolah yang sudah benar-benar menerapkan kurikulum merdeka terutama pembelajaran proyek yaitu di MIN 14 Blitar dan MIN 2 Blitar. Fokus penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru pada aspek pemahaman karakteristik peserta didik, pemahaman proses serta pemahaman penilaian kelas dalam pembelajaran berbasis proyek di MIN 14 Blitar dan MIN 2 Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pemahaman karakteristik peserta didik, 2) Pemahaman proses, 3) Pemahaman penilaian kelas dalam pembelajaran berbasis proyek di MIN 14 Blitar dan MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan tahap kondensasi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi (metode), dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Karakteristik Peserta Didik dalam Pembelajaran Berbasis Proyek yaitu dengan cara pengamatan dan pendekatan, classroom legend, serta pemberian kesempatan berpikir ulang, pemberian penguatan dan pemahaman kembali. 2) Pemahaman Proses dalam Pembelajaran Proyek yaitu pengelolaan waktu dengan strategi pemetaan target; perancangan pembelajaran ditentukan berdasarkan tenaga, waktu, dan biaya; pelaksanaan pembelajaran proyek dimulai dengan penyampaian pertanyaan, tujuan, target, langkah-langkah dan aturan disertai internalisasi sikap sosial dan spiritual selama pembelajaran berlangsung dan pelaksanaan perayaan proyek pada waktu tertentu. 3) Pemahaman Penilaian Kelas dalam Pembelajaran Berbasis Proyek yaitu penerapan penilaian proses dan hasil, pengadaan remedial serta penyusunan laporan hasil pembelajaran proyek berdasarkan beberapa pertimbangan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 12850521010 FALYA JUNAIDATIL QURROK |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 07:42 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42929 |
Actions (login required)
View Item |