PENGARUH MODEL PROBING PROMPTING DENGAN BERBANTUAN QUESTION CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTsN 10 BLITAR

MAYA MUHIMATUL ALIYAH, 12209193025 (2023) PENGARUH MODEL PROBING PROMPTING DENGAN BERBANTUAN QUESTION CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Model Probing Prompting dengan Berbantuan Question Card untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN 10 Blitar” ditulis oleh Maya Muhimatul Aliyah, NIM 12209193025 Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata Kunci: Probing prompting, Question card, dan kemampuan kognitif. Rendahnya kemampuan kognitif siswa menyebabkan capaian hasil belajar tidak maksimal, sebab kurang aktifnya siswa pada saat proses pembelajaran guru yang masih menggunakan model ceramah. Berdasarkan dari permasalahan itu, peneliti memberikan solusi untuk menggunakan model pembelajaran probing prompting dengan berbantuan question card untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui langkah-langkah model probing prompting dengan berbantuan question card untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pelajaran IPS di kelas VII MTsN 10 Blitar, 2) Untuk mengetahui pengaruh model probing prompting dengan berbantuan question card untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pelajaran IPS di kelas VII MTsN 10 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data berupa langkah-langkah model pembelajaran probing prompting dengan berbantuan question card dan hasil uji prasyarat berupa: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian didapatkan 1) Langkah-langkah pelaksanaan model probing prompting dengan berbantuan question card ada beberapa tahapan yaitu: tahap penyajian kelas, tahap memahami masalah, tahap pengajuan pertanyaan, tahap merumuskan masalah, tahap menjawab permasalahan, tahap merumuskan kembali, tahap pertanyaan akhir, 2) Hasil kemampuan kognitif siswa kelas VII A yang diajarkan dengan model pembelajaran probing prompting dengan berbantuan question card pada tahap pre-test skor rata-rata masih tergolong kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata 44,5 dan pada tahap post-test skor rata-rata sudah mencapai kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 87,5. Hipotesis penelitian ini diperoleh -2,100 < t hitung < 2,100 dengan hasil kelas eksperimen - 14,797 dan kelas kontrol -8,212 yang artinya -2,100 < t hitung < 2,100. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model probing prompting dengan berbantuan question card untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pelajaran IPS di MTsN 10 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Kesejahteraan Sosial
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193025 MAYA MUHIMATUL ALIYAH
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:52
Last Modified: 03 Jan 2024 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42935

Actions (login required)

View Item View Item