PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS IV (Studi Multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Al-Karim Gondang Nganjuk dan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kedungglugu Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/ 2016)

imam taufiq, 1755144014 (2016) PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS IV (Studi Multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Al-Karim Gondang Nganjuk dan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kedungglugu Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/ 2016). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR Rujukan.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran AlQur‟an Hadits pada Siswa Kelas IV (Studi Multi situs di Madrasah Ibtidaiyah AlKarim Gondang Nganjuk dan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kedungglugu Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/ 2016)” ini ditulis oleh Imam Taufiq dengan dibimbing oleh Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag dan Dr.Nur Efendi, M.Ag Kata kunci: metode drill, pembelajaran, al-qur‟an hadits Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh Pembelajaran Al-Qur‟an dan Hadits di Madrasah Ibtidaiyah sebagai upaya untuk mengembangkan potensi peserta didik dan pondasi bagi pendidikan peserta didik berikutnya dan secara substansial mata pelajaran Al-Qur‟an dan Hadits memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan nilai-nilai keyakinan keagamaan (tauhid) dan Ahlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, masih banyak guru yang kurang memperhatikan pelaksanaan pembelajarannya yakni guru tidak membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan (RPP), sehingga langkah-langkah kegiatan pembelajaran tidak tertata dengan baik dan hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Dalam pembelajaran AlQur‟an dan Hadits, di MI Al-Karim Gondang Nganjuk dan MI Miftahul Jannah Kedungglugu Gondang Nganjuk, guru Al-Qur‟an Hadits lebih cenderung menerapkan metode drill dalam proses pembelajaran karena metode tersebut dapat menciptakan pembelajaran yang lebih berpusat siswa. Di samping itu, hasil belajar dari penerapan metode drill dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadits dapat mencapai nilai KriteriaKetuntasan Minimal yang ditetapkan. Fokus dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimanakah perencanaan metode drill dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadits pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Karim Gondang Nganjuk dan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kedungglugu Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/ 2016?, (2) Bagaimanakah langkah-langkah metode drill dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadits pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Karim Gondang Nganjuk dan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kedungglugu Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/ 2016?, (3) Bagaimanakah evaluasi pada penerapan metode drill dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadits pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Karim Gondang Nganjuk dan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kedungglugu Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/ 2016? Tesis ini bermanfaat untuk mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan minatnya, serta dapat menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, penguasaan keterampilan hidup, penguasaan kemampuan akademik, dan pengembangan kepribadian yangxxiii paripurna, mengembangkan kompetensi pelajaran Al-Qur‟an Hadits peserta didik dengan pembelajaran yang inovatif, dan memberikan rangsangan kepada siswa lebih aktif dan kritis dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan Metode Drill dalam Pembelajaran Al-Qur‟an Hadits pada Kelas IV di MI AlKarim Gondang Nganjuk dan MI Miftahul Jannah Kedungglugu Gondang Nganjuk yakni menyiapkan perangkat pembelajaran berupa silabus dan Rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat pada liburan sekolah atau sebelum mengajar, (2) Langkah-langkah Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran AlQur‟an Hadits pada Kelas IV di MI Al-Karim Gondang Nganjuk dan MI Miftahul Jannah Kedungglugu Gondang Nganjuk terdiri atas kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir/penutup. Pada kegiatan awal/ pendahuluan, pada langkah awal adanya pengkondisian kelas dan penyampaian tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti, memberi contoh melafalkan surat pendek sesuai materi, kemudian peserta didik menirukan pelafalan surat pendek tersebut dengan berkelompok dan individu, setelah itu peserta didik disuruh maju menghafalkan materi surat pendek tersebut dengan fasih dan benar, dilanjutkan dengan memberikan tugas peserta didik untuk menuliskan surat pendek yang dihafal pada selembar kertas sebagai post test. Pada kegiatan penutup/ akhir, guru dan peserta didik menyimpulkan materi Al-Qur‟an Hadits, (3) Evaluasi penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Al-Qur‟an Hadits pada kelas IV di MI Al-Karim Gondang Nganjuk dan MI Miftahul Jannah Kedungglugu Gondang Nganjuk yakni menerapkan penilaian otentik dengan menilai proses dan hasil dari peserta dalam belajar. Penilaiannya berupa kesiapan peserta didik, perilaku peserta didik dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran, dan hasil belajar secara utuh. Adapun hasil belajar dari evaluasi/ penilaian yang dilakukan, dapat diketahui Pada MI Al-Karim Gondang Nganjuk bahwa untuk pelafalan atau hafalan surat pendek (Surat Al-Lahab) dari 24 peserta didik, terdapat 6 peserta didik (25 %) memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 75. Kemudian 18 peserta didik (75 %) sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) . Sedangkan, penilaian hasil berasal dari tugas/ tes tulis berkaitan surat yang dilafalkan atau dihafalkan untuk dituliskan pada selembar kertas dengan tanpa membuka buku, terdapat 4 peserta didik (17 %) yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 75, dan 20 peserta didik (83 %) sudah berhasil (diatas KKM). Sementara itu, hasil belajar darp evaluasi/ Penilaian peserta didik di MI Miftahul Jannah Kedungglugu Gondang adalah penilaian proses dari 19 peserta didik, yang mendapatkan nilai tuntas ada 13 peserta didik (68 %). Kemudian 6 peserta didik (32%) lainnya pelafalan surat pendeknya belum lancar. Kemudian pada penilaian hasil yakni post tes menunjukkan bacaan tajwid, yang tuntas hanya 10 peserta didik (53 %) dari 19 peserta didik kelas IV. Kemudian yang 9 peserta didik (47 %) belum tuntas. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diteapkan adalah 75.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: taufiq 1755144014 imam taufiq
Date Deposited: 21 Dec 2016 04:29
Last Modified: 21 Dec 2016 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4297

Actions (login required)

View Item View Item