ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR PAK IMAM DI DESA PAKISAJI KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ALFIN FARQAN, 12405193218 (2024) ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR PAK IMAM DI DESA PAKISAJI KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (653kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis SWOT dalam Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Pak Imam di Desa Pakisaji Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung" ditulis oleh Muhammad Alfin Farqan, NIM 12405193218, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, dengan pembimbing Dr. Refki Rusyadi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dengan ditemukannya beberapa masalah pada usaha peternakan ayam ras petelur Pak Imam di Desa Pakisaji Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung diantaranya teknologi yang digunakan masih sederhana, ayam mudah stress dan terserang penyakit, harga telur tidak stabil, harga pakan naik. Untuk mengurangi masalah tersebut peneliti menggunakan analisis SWOT yang dapat digunakan mengindentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman agar menghasilkan strategi yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) apa saja yang terdapat pada usaha peternakan ayam ras petelur (2) Untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha peternakan ayam ras petelur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah didapat dianalisis dengan pendekatan SWOT selanjutnya memaparkan data, melakukan pengecekan data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Faktor Internal kekuatan meliputi pengalaman beternak yang dimiliki, ketersediaan pakan dan air melimpah, penggilingan mencampur pakan milik sendiri, lokasi strategis, akses pemasaran yang mudah dan kelemahan meliputi teknologi yang digunakan masih sederhana, telur mempunyai sifat yang mudah retak, panas dan pancaroba, belum mendirikan UD/CV dan Faktor Eksternal peluang meliputi permintaan telur ayam ras meningkat, permintaan daging ayam ras petelur yang sudah tidak produktif/afkir, harga telur naik pada hari besar, memiliki hubungan baik dengan pemasok dan ancaman meliputi harga telur tidak stabil, harga pakan mahal, penyakit pada ayam petelur, terdapat pesaing dari peternak lain. (2) Strategi yang didapat setelah dilakukan analisis SWOT adalah jenis strategi SO (strenght-opportunity) yaitu strategi dimana perusahaan memiliki kekuatan yang besar untuk memanfaatkan peluang yang ada. Diantaranya memanfaatkan pengalaman untuk meningkatkan produksi dan kualitas telur, memanfaatkan hari besar untuk meningkatkan penjualan, memanfaatkan lokasi strategis untuk mengembangkan usaha, menjaga hubungan baik dengan pemasok untuk mendapatkan ketersediaan bahan baku.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193218 MUHAMMAD ALFIN FARQAN
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:25
Last Modified: 08 Jan 2024 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42975

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item