STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER SISWA DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ANI KHOIRUL ROSIDAH, 12205193293 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER SISWA DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (433kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Siwa di MI Roudhotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ani Khoirul Rosidah, NIM. 12205193293, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Abd. Aziz, S.Ag.,M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru, Karakter Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan setiap siswa yang menimbulkan karakteristik yang menonjol dari siswa di MI Roudhotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung terutama dalam siswa. Maka sangtlah penting bagi guru untuk mengetahui karakter masing-masing siswa, maka guru dapat memberikan strategi yang sesuai dengan penanaman karakter siswa sehingga karakter siswa dapat tertanam secara optimal. Tujuan utama penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa di MI Roudhotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (2) Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin pada Siswa di MI Roudhotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (3) Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab pada Siswa di MI Roudhotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan data, sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru yang digunakan dalam menanamkan karakter jujur pada siswa adalah dengan menggunakan strategi pembiasaan, dengan menggunakan strategi pembiasaan guru mampu menanamkan karakter jujur pada siswa secara optimal. (2) Strategi guru yang digunakan dalam karakter disiplin ada siswa ini adalah dengan strategi keteladanan dengan strategi keteladanan ini siswa mampu menerima penanaman karakter disiplin yang disampaikan oleh guru. (3) Strategi guru yang digunakan dalam menanamkan karakter tanggung jawab ini adalah strategi keteladanan dimana strategi keteladan ini yang lebih mudah untuk menanamkan karakter tanggung jawab pada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193293 ANI KHOIRUL ROSIDAH
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:48
Last Modified: 09 Jan 2024 08:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43046

Actions (login required)

View Item View Item