ANI KHOIRUL ROSIDAH, 12205193293 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER SISWA DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (433kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Siwa di MI Roudhotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ani Khoirul Rosidah, NIM. 12205193293, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Abd. Aziz, S.Ag.,M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru, Karakter Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan setiap siswa yang menimbulkan karakteristik yang menonjol dari siswa di MI Roudhotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung terutama dalam siswa. Maka sangtlah penting bagi guru untuk mengetahui karakter masing-masing siswa, maka guru dapat memberikan strategi yang sesuai dengan penanaman karakter siswa sehingga karakter siswa dapat tertanam secara optimal. Tujuan utama penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa di MI Roudhotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (2) Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin pada Siswa di MI Roudhotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (3) Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab pada Siswa di MI Roudhotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan data, sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru yang digunakan dalam menanamkan karakter jujur pada siswa adalah dengan menggunakan strategi pembiasaan, dengan menggunakan strategi pembiasaan guru mampu menanamkan karakter jujur pada siswa secara optimal. (2) Strategi guru yang digunakan dalam karakter disiplin ada siswa ini adalah dengan strategi keteladanan dengan strategi keteladanan ini siswa mampu menerima penanaman karakter disiplin yang disampaikan oleh guru. (3) Strategi guru yang digunakan dalam menanamkan karakter tanggung jawab ini adalah strategi keteladanan dimana strategi keteladan ini yang lebih mudah untuk menanamkan karakter tanggung jawab pada siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193293 ANI KHOIRUL ROSIDAH |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 08:48 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 08:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43046 |
Actions (login required)
View Item |