HUBUNGAN ANTARA ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TENUN BANDAR DI KOTA KEDIRI

AULIA RAHMA, 12405193167 (2024) HUBUNGAN ANTARA ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TENUN BANDAR DI KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (508kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Antara Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Tenun Bandar Di Kota Kediri” ini ditulis oleh Aulia Rahma, NIM. 12405193167, pembimbing Risdiana Himmati, M.Si. Iklim persaingan perusahaan semakin tinggi dalam memenangkan persaingan untuk mendapatkan konsumen. Usaha kecil menengah merupakan salah satu usaha yang mampu bertahan saat krisis sehingga perlu mendapat perhatian khusus untuk meningkatkan pendapatannya, karena saat ini usaha-usaha tersebut mengalami penurunan pendapatan dikarenakan persaingan yang semakin ketat antar produk maupun antar pengusaha dari UMKM. Upaya peningkatan kualitas tenun dapat dijadikan referensi bagi pengusaha tenun lain yang ingin mengembangkan usahanya sekaligus agar tenun dapat terus lestari, dan digemari masyarakat. Oleh karena itu kinerja pemasaran harus terus dikembangkan agar pengusaha mampu mengembangkan usahanya dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Tenun Bandar di Kota Kediri. Teknik untuk mengumpulkan sampel adalah sampling. Seluruh pengrajin dari Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul di wilayah Kota Kediri berpartisipasi dalam penelitian ini. Pada penelitian ini digunakan sebanyak 11 sampel atau 11 pemilik usaha Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul di bawah naungan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, menyebar kuisioner dan observasi. Tahap selanjutnya, data kuesioner dianalisis dengan uji Korelasi Rank Spearman menggunakan program SPSS 21. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa korelasi antara variabel dari Total X1 (Orientasi Pasar) dan Total Y (Kinerja Pemasaran) menunjukkan angka korelasi positif sebesar +0,699, hal ini berarti bahwa kinerja pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri tergantung dari orientasi pasar tersebut, begitu juga sebaliknya. Besarnya angka korelasi Spearman dengan nilai 0,699, hal ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi kuat antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Karena angka probabilitas 0,017 adalah lebih kecil dari 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa variabel orientasi pasar dan kinerja pemasaran secara signifikan berkorelasi. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Sentra Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri. Kata kunci : Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193167 AULIA RAHMA
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:00
Last Modified: 09 Jan 2024 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43050

Actions (login required)

View Item View Item