PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI REAKSI REDOKS

LAILATUL KHUSNIA, 12212193039 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI REAKSI REDOKS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Suatu pembelajaran dikatakan berhasil salah satunya dipengaruhi oleh kecakapan dan ketepatan pendidik dalam menentukan dan mempraktikkan model pembelajaran. Banyaknya peserta didik yang menganggap materi kimia abstrak dan sulit untuk dipahami. Serta masih kurangnya kemampuan pemecahan masalah peserta. Hal lain yang dapat berpengaruh pada kesuksesan pembelajaran salah satunya yakni kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran yang diterapkan. Maka dari itu dibutuhkan inovasi model pembelajaran, melalui penerapan Problem Based Learning yang mengharuskan kegiatan peserta didik mengerti suatu konsep melewati keadaan dan masalah yang disediakan. Kemampuan pemecahan masalah yang baik akan mempengaruhi pemahaman konsep peserta didik. Pemahaman konsep diperlukan dalam pembelajaran kimia, salah satunya pada materi reaksi redoks. Pemahaman konsep yang baik pada peserta didik dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran pada konsep-konsep selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan Problem Solving peserta didik pada materi reaksi redoks (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi reaksi redoks. (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan Problem Solving dan pemahaman konsep peserta didik pada materi reaksi redoks. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 3 Tulungagung. Sampel penelitian ini yakni kelas X B dengan jumlah 30 peserta didik menjadi kelas eksperimen dan X C dengan jumlah 28 peserta didik menjadi kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan yakni Purposive sampling. Instrumen yang digunakan yakni LKPD, modul ajar dan lembar soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji coba instrumen tes meliputi uji validitas yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 5 soal esai, uji reliabilitas diperoleh nilai 0,860 pada pilihan ganda dengan kategori sangat tinggi dan 0,817 pada soal esai dengan kategori tinggi, uji kesukaran butir soal terdapat 5 soal dengan kriteria mudah, 17 soal sedang dan 3 soal sukar, serta uji daya beda soal. Uji lanjutan yang digunakan yakni uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji Independen Sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan Problem Solving peserta didik pada materi reaksi redoks dengan nilai siginifikansi pada kelas eksperimen 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi reaksi redoks dengan nilai siginifikansi pada kelas eksperimen 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan Problem solving dan pemahaman konsep peserta didik pada materi reaksi redoks dengan nilai siginifikansi pada kelas eksperimen 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193039 LAILATUL KHUSNIA
Date Deposited: 10 Jan 2024 10:55
Last Modified: 10 Jan 2024 10:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43055

Actions (login required)

View Item View Item