STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN ANTOLOGI DRAMA SISWA KELAS VIII SMPN 3 TULUNGAGUNG SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR CERPEN

ANIZAR DIFA, 12210193055 (2024) STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN ANTOLOGI DRAMA SISWA KELAS VIII SMPN 3 TULUNGAGUNG SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR CERPEN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karya sastra sebagai bentuk dari karya seni untuk menuangkan berbagai ide maupun gagasan, dapat mewakili permasalahan kehidupan dan kenyataan sosial manusia dalam bentuk tulisan yang memiliki pesan dari pengarang. Genre karya sastra dibagi berdasarkan ragam salah satunya adalah drama. Drama memiliki keunikan dalam struktur dan kaidah kebahasaannya. Selain itu di SMPN 3 Tulungagung, siswa kelas VIII membukukan antologi drama merupakan salah satu hasil dari pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII yang menuangkan ide-ide dan gagasan kreatif yang ingin digambarkan melalui tulisan. Dalam buku antologi kelas VIII tersebut hanya berisi karya tulis teks drama oleh sebagian siswa kelas VIII yang memiliki minat dan bakat dalam menulis dan membaca. Oleh karena itu, penelitian bertujuan adalah (1) mendeskripsikan struktur pada antologi drama siswa kelas VIII SMPN 3 Tulungagung, (2) mendeskripsikan kaidah kebahasaan pada antologi drama siswa kelas VIII SMPN 3 Tulungagung, (3) mendeskripsikan sebagai alternatif bahan ajar cerpen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu studi pustaka dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa narasi, dan dialog dalam antologi drama siswa kelas VIII SMPN 3 Tulungagung.Hasil dari penelitian data diperoleh kesimpulan, pertama sebagian besar teks drama pada antologi siswa kelas VIII SMPN 3 Tulungagung menyusun struktur naskah drama dimulai dengan prolog sebagai kata pembuka, atau latar belakang peristiwa, dialog sebagai pengembangan peristiwa dan diakhiri dengan epilog sebagai kesimpulan. Kedua, penggunaan kaidah kebahasaan teks drama yang ditemukan adalah penggunaan konjungsi temporal, kata kerja aktif, kata kerja mental, dan kata sifat. Ketiga, penggunaan antologi cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahan ajar cerpen dengan mengubah teks drama menjadi teks cerita pendek sesuai struktur dan kaidah kebahasaannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Cerpen
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210193055 ANIZAR DIFA
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:12
Last Modified: 09 Jan 2024 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43069

Actions (login required)

View Item View Item