AINUL AMALIANA HIDAYAT, 12204193135 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (553kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (342kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
Abstract
Motivasi dan hasil belajar merupakan aspek penting dalam kegiatan pembelajaran, semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki maka akan semakin bagus hasil belajarnya. Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, maka digunakanlah model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model Problem Based Learning (PBL). Melalui model Problem Based Learning (PBL) proses pembelajaran akan lebih menarik dan bermakna, karena materi pembelajaran dikaitkan dengan masalah-masalah kehidupan sehari-hari. Dengan diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) pada MTsN 2 Kota Blitar ini, untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning (PBL) memberikan hasil yang positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Kota Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Kota Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis quasy experimental design dengan model eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII kelas C, D, E, F, G, H MTsN 2 Kota Blitar yang berjumlah 197 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-C (Kelas Eksperimen) sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan dan kelas VII-D (Kelas Kontrol) sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 18 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar matematika siswa. Terbukti dengan nilai signifikan 0,046 < 0,05 dan memiliki nilai Cohen’s effect size sebesar 0,620 yang termasuk dalam kategori sedang, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Terbukti dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan memiliki nilai Cohen’s effect size sebesar 0,771 yang termasuk dalam kategori sedang, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Terbukti dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan memiliki nilai Cohen’s effect size sebesar 0,736 yang termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Variabel |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193135 AINUL AMALIANA HIDAYAT |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 04:44 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 04:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43073 |
Actions (login required)
View Item |