FRISDAYANTI ANGGRAENI DEWI, 12306193062 (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMAN 1 GURAH. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (806kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (964kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (784kB) | Preview |
Abstract
Frisdayanti Anggraeni Dewi, 2023. Prodi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Efektivitas Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMAN 1 Gurah. Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Disiplin adalah ketaatan atau peraturan karena dibimbing oleh kesadaran hatinnya tanpa paksaan dari luar. Disiplin adalah tujuan yang harus dicapai sekolah melatih karakter siswa positif dan untuk melakukan kegiatan secara tepat. Tujuan dalam penelitian ini meliputi 1) untuk mengetahui tingkat kedisiplinan diri siswa SMAN 1 Gurah 2) untuk mengetahui efektivitas teknik diskusi untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMAN 1 Gurah. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen. Adapun sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI SMAN 1 Gurah dengan populasi yang berjumlah 356 siswa dan jumlah siswa yang di eksperimen 7 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa SMAN 1 Gurah berada di tingkat kedisiplinan yang rendah sebanyak 7 siswa, sedangkan siswa yang memiliki kedisiplinan sedang sebanyak 130 siswa dan siswa yang memiliki kedisiplinan tinggi sebanyak 40 siswa sedangkan uji normalitas, hasilnnya diperoleh dari nilai signifikansi >0,05, nilai signifikansi sebesar 0,580 untuk uji normalitas dan untuk mengetahui perbedaan rata-rata pretest dan posttest menggunakan uji sample Paired T-Test dengan hasil 0,00 dikatakan signifikan karena jika menunjukkan <0,05 berarti adannya perbedaan antara sampel awal dan akhir. Untuk penggunaan efektivitas treatment yaitu menggunakan uji N-gain std Deviation Ngainscore mencapai 0, 12643 yang dikategorikasikan sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik diskusi dengan kedisiplinan siswa SMAN 1 Gurah. Kata kunci: Kedisiplinan, teknik diskusi dan siswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 12306193062 FRISDAYANTI ANGGRAENI DEWI |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 03:18 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 03:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43109 |
Actions (login required)
View Item |