EFEKTIVITAS TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMAN 1 GURAH

FRISDAYANTI ANGGRAENI DEWI, 12306193062 (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMAN 1 GURAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (964kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Frisdayanti Anggraeni Dewi, 2023. Prodi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Efektivitas Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMAN 1 Gurah. Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Disiplin adalah ketaatan atau peraturan karena dibimbing oleh kesadaran hatinnya tanpa paksaan dari luar. Disiplin adalah tujuan yang harus dicapai sekolah melatih karakter siswa positif dan untuk melakukan kegiatan secara tepat. Tujuan dalam penelitian ini meliputi 1) untuk mengetahui tingkat kedisiplinan diri siswa SMAN 1 Gurah 2) untuk mengetahui efektivitas teknik diskusi untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMAN 1 Gurah. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen. Adapun sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI SMAN 1 Gurah dengan populasi yang berjumlah 356 siswa dan jumlah siswa yang di eksperimen 7 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa SMAN 1 Gurah berada di tingkat kedisiplinan yang rendah sebanyak 7 siswa, sedangkan siswa yang memiliki kedisiplinan sedang sebanyak 130 siswa dan siswa yang memiliki kedisiplinan tinggi sebanyak 40 siswa sedangkan uji normalitas, hasilnnya diperoleh dari nilai signifikansi >0,05, nilai signifikansi sebesar 0,580 untuk uji normalitas dan untuk mengetahui perbedaan rata-rata pretest dan posttest menggunakan uji sample Paired T-Test dengan hasil 0,00 dikatakan signifikan karena jika menunjukkan <0,05 berarti adannya perbedaan antara sampel awal dan akhir. Untuk penggunaan efektivitas treatment yaitu menggunakan uji N-gain std Deviation Ngainscore mencapai 0, 12643 yang dikategorikasikan sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik diskusi dengan kedisiplinan siswa SMAN 1 Gurah. Kata kunci: Kedisiplinan, teknik diskusi dan siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193062 FRISDAYANTI ANGGRAENI DEWI
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:18
Last Modified: 09 Jan 2024 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43109

Actions (login required)

View Item View Item